KPU Provinsi Bengkulu Gandeng MAFINDO Perkuat Literasi Digital Pemilih Pemula Jelang Pilkada 2024

Minggu 22-09-2024,13:44 WIB
Reporter : Kristiani Putri
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Bengkulu tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu berkolaborasi dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) wilayah Bengkulu dalam upaya penguatan literasi digital bagi pemilih pemula.

Kegiatan yang berlangsung di Avenue Bencoolen Mall pada Jumat 21 September 2024 tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran generasi muda, terkait bahaya informasi dan hoaks yang kerap beredar.

Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Rusman Sudarsono mengungkapkan bahwa  pemilih pemula merupakan mayoritas pemilih pada Pilkada tahun ini, karena dari 1.5 juta pemilih sebanyak 3.065 berstatus sebagai pemilih pemula.

BACA JUGA:Perkuat UMKM, Gubernur Rohidin Berikan Bantuan dan Pendampingan Modal Usaha

BACA JUGA:Ada Kunyit Putih hingga Kunyit Madura, Ini 5 Jenis Kunyit dan Kegunaannya yang Perlu Kamu Ketahui

"Pemilih pemula pada Pilkada tahun ini, di dominasi oleh generasi muda atau sering di sebut Gen Z, karena dari jumlah pemilih yaitu 1.5 juta sebanyak 3.065 berstatus sebagai pemilih pemula", ujar Rusman.

Pihaknya menilai, pemilih  pemula rentan terhadap informasi palsu, terutama di tengah derasnya informasi di era digital. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki kemampuan literasi digital yang kuat, agar mampu menyaring informasi yang benar dan dapat dipercaya.

BACA JUGA:Catat! Ini 6 Efek Samping Konsumsi Kunyit Berlebihan yang Perlu Kamu Ketahui

BACA JUGA:Ingin Gunakan Kunyit Sebagai Obat Herbal Tradisional? Intip Caranya Di Sini

"Jadi pemilih pemula ini memainkan peran penting dalam Pilkada tahun ini karena mereka adalah generasi yang sangat dekat dengan dunia digital dan pastinya media sosial, sehingga literasi digital menjadi sangat penting untuk mereka. Kami menggandeng MAFINDO karena mereka memiliki pengalaman dan keahlian dalam menangkal informasi yang negatif terutama di kalangan anak muda, jadi kami harapkan para pemilih pemula setelah kegiatan ini dapat lebih bijak lagi dalam bermain media sosial", tambahnya.

BACA JUGA:Bosan Makan Ikan? Cobain 6 Ragam Resep Terbuat dari Cumi-cumi, Olahan Seafood Ala Restoran

BACA JUGA:Bosan Makan dengan Nasi Putih? Cobain 4 Resep Enak Nasi Bakar Nan Menggugah Selera Ini

Lebih lanjut, Rusman menegaskan kepada pemilih pemula harus berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan pilkada dan menggunakan hak pilih mereka di tanggal 27 November mendatang.

"Kami terus mengingatkan kepada seluruh masyarakat, dan khususnya pemilih pemula bahwa kita memilih ini lima tahun sekali, jadi diharapkan semua elemen masyarakat dapat menggunakan kesempatan hak pilih mereka dengan sebaik-baiknya," tutupnya.

Kategori :