Peringati Kesaktian Pancasila, Pemkot Bengkulu Imbau Masyarakat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Sabtu 28-09-2024,16:28 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2024 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengimbau untuk mengibarkan bendera merah putih setengah tiang baik di rumah, kantor, maupun di sekolah.

Imbauan itu berdasarkan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nomor: 23224/MPK.F/TU. 02.03/2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Puskesmas Pembantu se-Kabupaten Seluma Segera Direhab

Adapun bunyi dari Surat Edaran Kemdikbudristek tersebut menginstruksikan bahwa pada 30 September 2024, setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia agar mengibarkan bendera setengah tiang.

Selanjutnya pada tanggal 1 Oktober 2024 pukul 06.00 waktu setempat, bendera kembali dikibarkan satu tiang penuh.

BACA JUGA:Dikira Kucing Ternyata Maling, Warga Sukamerindu Kehilangan Handphone Senilai Rp6 Juta

Kemudian di hari yang sama, masyarakat dianjurkan untuk mendengarkan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Youtube Kemendikbud RI.

"Hari Kesaktian Pancasila berkaitan erat dengan peristiwa Gerakan 30 September. Peristiwa G30S/PKI kemudian menjadi latar belakang penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila," terang Kadiskominfo Kota Bengkulu, Gita Gama.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Fasilitasi Pendaftaran Merek Dagang untuk 1.000 UMKM Secara Gratis

"Dalam peristiwa tersebut terbukti bahwa kedudukan Pancasila sebagai landasan negara tidak bisa digantikan ideologi lain," sambungnya.

Sebagai informasi, Hari Kesaktian Pancasila diperingati tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 akan digelar di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.

BACA JUGA:Teror Binatang Buas di Seluma Berlanjut, 4 Hewan Ternak Milik Warga Lubuk Lagan Ditemukan Mati

Serba-serbi upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 telah diinformasikan melalui pedoman upacara yang dirilis Kemendikbud RI. Tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 adalah "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas".

Puncak acara dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

(Jalu)

Kategori :