Dukungan Pemprov Bengkulu, NIPS 2024 Raih di Atas Rata-Rata Nasional

Jumat 11-10-2024,16:06 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Ria Sofyan

BENGKULU, BETVNEWS - Provinsi Bengkulu berhasil meraih Nilai Indeks Pembangunan Statistik (NIPS) 2024 yang melebihi rata-rata nasional, dengan angka sebesar 2,87 persen.

Pencapaian ini berdasarkan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal, menyatakan bahwa pencapaian ini sangat menggembirakan, terutama mengingat lonjakan nilai yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kita berharap dukungan terus diberikan oleh Pemprov Bengkulu untuk meningkatkan penyelenggaraan statistik sektoral di masa mendatang," kata Win Rizal pada 11 Oktober 2024.

BACA JUGA:Bayar Pajak Lebih Mudah dan Praktis, Bapenda Kota Bengkulu Segera Launching Aplikasi Si Padek

BACA JUGA:Kasus Pernikahan Dini di Seluma Capai Ratusan, Rata-rata Karena Hamil Duluan

Win Rizal menjelaskan bahwa penilaian ini mencakup berbagai aspek, termasuk kelembagaan, regulasi Satu Data Indonesia (SDI), dan kualitas data yang dihasilkan.

Hasilnya menunjukkan bahwa Pemprov Bengkulu berada di posisi yang baik dalam hal NIPS.

"Kepedulian Pemprov Bengkulu terhadap statistik sangat tinggi, dan ini perlu dipertahankan," tuturnya, menekankan pentingnya konsistensi dalam upaya tersebut.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, menambahkan bahwa prestasi ini mencerminkan kinerja baik instansi-instansi di lingkungan Pemprov Bengkulu, di bawah naungan Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Kominfotik) Provinsi Bengkulu, dalam melaksanakan regulasi SDI.

BACA JUGA:Penyakit Ngorok pada Hewan Ternak Mulai Menyebar di Bengkulu, Berikut Penanganannya

BACA JUGA:DISUKA Unggul Polling Sementara, Direspon Positif Petinggi PKS Kota Bengkulu

"Capaian ini patut kita syukuri dan menjadi kebanggaan bersama. Setiap tahun, Pemprov Bengkulu terus berkomitmen memberikan informasi statistik yang sesuai dengan SDI nasional," ujar Isnan Fajri.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu, Oslita, menyatakan kesiapan pihaknya untuk menjadi garda terdepan dalam mendukung pengembangan statistik dan implementasi SDI yang berkualitas di Provinsi Bengkulu.

Dengan pencapaian ini, Pemprov Bengkulu menunjukkan dedikasi dan komitmennya dalam meningkatkan kualitas data statistik, yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan dan kemajuan serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Kategori :