Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan tubuh, Bisa Dukung Sistem Cerna

Senin 14-10-2024,09:50 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Dikenal sebagai obat tradisional, manfaat daun jarak untuk kesehatan tubuh tentunya sangat beragam sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras Seharian, 3 Sungai di Kabupaten Seluma Meluap

BACA JUGA:Ternyata Ini Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood

Daun jarak yang berasal dari tanaman jarak ricinus communis merupakan salah satu tanaman yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia dan tumbuh subur di daerah tropis.

Meskipun sering dianggap sebagai tanaman liar, namun daun jarak menyimpan banyak potensi dalam pengobatan tradisional yang telah digunakan selama ribuan tahun.

Di beberapa daerah termasuk di Indonesia, daun ini telah digunakan untuk merawat berbagai kondisi, mulai dari masalah kulit hingga nyeri sendi. 

BACA JUGA:Kamu Bisa Tidur Cepat di Malam Hari, Coba Biasakan Hal Ini Biar Makin Lelap

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 6 Bahaya Penumpukan Lemak di Perut, Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

Kandungan senyawa bioaktif dalam daun jarak juga beragam, bahkan terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa daun jarak mengandung flavonoid, terpenoid, dan antioksidan yang dapat memberikan manfaat kesehatan.

Senyawa-senyawa ini berperan penting dalam memberikan efek positif pada tubuh, baik dalam meredakan peradangan, meningkatkan kesehatan kulit, maupun mendukung sistem pencernaan.

Selain beberapa manfaat di atas, berikut beberapa manfaat lainnya dari daun jarak untuk kesehatan tubuh ini. Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bikin Tidur Lebih Cepat dan Nyaman

BACA JUGA:5 Jenis Olahraga Ini Ampuh untuk Hilangkan Lemak di Perut, Salah Satunya Yoga

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan 

1. Anti-inflamasi dan Analgesik

Kategori :