Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Getah Jarak untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Peradangan

Senin 14-10-2024,10:14 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Manfaat getah jarak untuk kesehatan tubuh sangat beragam dan telah lama digunakann sebagai pengobatan tradisional sehingga mengetahui manfaatnya dapat membantumu dalam penggunaannya sehari-hari. 

BACA JUGA:Jadi Obat Tradisional, Ini 5 Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan tubuh, Bisa Dukung Sistem Cerna

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras Seharian, 3 Sungai di Kabupaten Seluma Meluap

Getah jarak ini merupakan getah yang dihasilkan dari tanaman jarak Ricinus communis dan memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang menarik untuk diulas. 

Tanaman ini mudah ditemukan di berbagai daerah tropis dan subtropis dan meskipun dikenal dengan berbagai sebutan dan sering dianggap sebagai tanaman liar, namun getah jarak memiliki potensi yang unggul dalam pengobatan tradisional.

Penggunaan getah jarak dalam pengobatan tradisional telah ada sejak lama, terutama di berbagai budaya yang memanfaatkan tanaman ini untuk berbagai tujuan. 

BACA JUGA:Ternyata Ini Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, Salah Satunya Dapat Memperbaiki Mood

BACA JUGA:Kamu Bisa Tidur Cepat di Malam Hari, Coba Biasakan Hal Ini Biar Makin Lelap

Getah yang diambil dari bagian tanaman, terutama dari batang jarak ini sering kali digunakan sebagai bahan alami dalam ramuan herbal.

Kandungan senyawa aktif dalam getah jarak, seperti ricinoleic acid dan flavonoid, menjadikannya berkhasiat dalam pengobatan.

Senyawa-senyawa ini memiliki berbagai efek positif, seperti anti-inflamasi, analgesik, dan juga antimikroba.

BACA JUGA:Jangan Abaikan! Ini 6 Bahaya Penumpukan Lemak di Perut, Bisa Tingkatkan Resiko Diabetes

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Mengatasi Insomnia, Bikin Tidur Lebih Cepat dan Nyaman

Hal ini menunjukkan bahwa getah jarak bukan hanya sekadar limbah tanaman, tetapi juga merupakan sumber alami yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat getah jarak untuk kesehatan tubuh tersebut? Simak informasinya yang telah BETV rangkum dalam artikel berikut ini. 

Kategori :