Hasil Lab Keluar, 600 Sampel Filariasis Dinyatakan Negatif

Hasil Lab Keluar, 600 Sampel Filariasis Dinyatakan Negatif

Pengambilan sampel filariasis yang dilakukan di dua desa di Kabupaten Seluma, usai diperiksa 600 sampel filariasis dinyatakan negatif, Selasa 20 Desember 2022.--(Sumber Foto: Wisnu/BETV)

SELUMA, BETVNEWS- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten SELUMA bersama dengan Tim Balai Teknis Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Palembang, telah melalukan pengambilan sampel darah filariasis atau Kaki Gajah di 2 desa, Tanah Abang dan Kelurahan Tais.

Pengambilan sampel tersebut diambil pada November 2022 lalu, yang kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan uji lab oleh pihak BTKLPP Palembang.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Ibu Negara Batal ke Bengkulu

Berdasarkan hasil pemeriksaan pada Selasa 20 Desember 2022, tidak ada satu pun masyarakat yang dinyatakan positif atau memiliki gejala filariasis. 

Kabid P2P Dinkes Seluma Riduwan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan oleh Dinkes Seluma serta BTKLPP Palembang beberapa waktu lalu. 

Sebanyak 600 sampel diambil dari 2 desa, yakni Tanah Abang Kecamatan Ilir Talo dan Kelurahan Tais. Pada setiap desa, diambil 300 sampel untuk dilakukan pemeriksaan. 

BACA JUGA:Selama Libur Nataru, BPBD Kota Siagakan Pasukan di Kawasan Pantai

Kemudian dari hasil pemeriksaan yang telah diterima Dinkes Seluma usai diperiksa pihak BTKLPP Palembang, tidak ada satu pun masyarakat yang dinyatakan positif. 

"Dinkes Seluma telah menerima hasil pemeriksaan 600 sampel darah dari dua desa. Dari hasil pemeriksaan, tidak ada satu pun yang dinyatakan positif gejala penyakit filariasis tersebut," jelasnya, pada Selasa 20 Desember 2022 siang.

Pihaknya juga menambahkan, meskipun tidak ditemukan adanya kasus positif penyakit filariasis, namun ia berharap masyarakat khususnya di Kabupaten Seluma, agar selalu waspada.

BACA JUGA:Hari Ibu Jadi Momentum Penghargaan bagi Perempuan Se-Nusantara

Pihaknya mengimbau apabila ada masyarakat yang mengalami gejala penyakit filariasis seperti pembengkakan di kaki, diharapkan untuk segera melaporkan ke pihak puskesmas terdekat.

"Kita imbau untuk masyarakat Kabupaten Seluma, jika ada yang memiliki gejala penyakit tersebut, agar segera melaporkan masalah tersebut ke pihak puskesmas terdekat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: