Putin Enggan Ucap Selamat Tahun Baru kepada 3 Pemimpin Negara Ini

Putin Enggan Ucap Selamat Tahun Baru kepada 3 Pemimpin Negara Ini

Vladimir Putin, Presiden Rusia. --(Sumber Foto: Disway.id)

BETVNEWS- Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat tahun baru 2023 kepada para kepala negara dan pemerintahan asing serta para pemimpin organisasi internasional.

Ucapan tersebut disampaikan ke Turki, Azerbaijan, Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Ossetia Selatan, Bolivia, Brasil, Hungaria, Venezuela, Vietnam, India, China, Kuba, Nikaragua, Serbia, dan Suriah. 

BACA JUGA:Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari, Turunkan Berat Badan hingga Keluarkan Racun

Akan tetapi, Putin tidak menyebut Amerika Serikat (AS), Jerman, dan Prancis.

Dikutip dari disway.id, Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan mengucapkan "Selamat Tahun Baru" kepada para pemimpin negara yang dianggap tidak bersahabat. 

Para pemimpin yang dianggap Moskow tidak bersahabat termasuk Presiden AS Joe Biden, Kanselir Jerman Olaf Scholz, dan Presiden Prancis Emmanuel Garis Macron.

BACA JUGA:Di Kota Bengkulu, 16 Titik CCTV Pantau Lalin Malam Tahun Baru

Jubir Kremlin mengatakan, Rusia hampir tidak memiliki kontak dengan orang-orang tersebut.

Dalam pesannya kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Putin mengatakan bahwa hubungan yang saling menguntungkan antara Rusia dan Turki berkembang sangat dinamis, meskipun dalam situasi internasional yang sulit.

"Vladimir Putin menyatakan bahwa dalam satu tahun terakhir, kerja sama bilateral di banyak bidang telah diperluas secara signifikan, proyek bersama besar yang dirancang untuk memastikan keamanan energi regional jangka panjang telah berhasil dilaksanakan," ujar Kremlin dikutip dari disway.id.

BACA JUGA:Pemkab Lebong Pede Selesaikan Tapal Batas, Ternyata Ini Stateginya

Pernyataan itu merujuk pada pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Akkuyu di Turki selatan serta pembentukan pusat gas regional Turki.

Putin mengatakan bahwa dengan bekerja sama, Moskow dan Ankara akan dapat memastikan perluasan lebih lanjut dari seluruh kompleks kerja sama Rusia-Turki demi kepentingan rakyat mereka, demi memperkuat stabilitas dan keamanan di Eurasia.

Artikel ini telah terbit di Putin Ogah Sampaikan Salam Tahun Baru 2023 pada AS, Jerman dan Prancis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: