Hujan Sebabkan Cabe Membusuk, Warga Seluma Merugi

Hujan Sebabkan Cabe Membusuk, Warga Seluma Merugi

Tanaman Cabe milik petani yang mengalami kerusakan pasca diterpa hujan dalam beberapa hari terakhir ini, Rabu 25 Januari 2023.--(Sumber Foto: Wisnu/Betv).

BENGKULU, BETVNEWS - Hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Seluma sejak beberapa hari ini, mengakibatkan petani cabe di Desa Rawa Sari Kecamatan Seluma Timur merugi hingga jutaan rupiah.

Pasalnya, cabe yang telah ditanam sejak beberapa bulan lalu, saat ini memang telah memasuki masa panen, namun lantaran sering diguyur hujan, sehingga mengakibatkan cabe tersebut membusuk.

BACA JUGA:Lanjutkan Laporan Dugaan Korupsi Dana CSR di Rejang Lebong, Tarmizi Gumay Serahkan BB Tambahan ke Polda

"Memang seharusnya bulan ini kita sudah panen, karena sering diguyur hujan membuat buah membusuk, sehingga kita mengalami gagal panen," sampai Gianto, Rabu 25 Januari 2023.

BACA JUGA:Melanggar Netralitas ASN, Pejabat Pemprov Ini Disanksi Administratif

Tanaman cabe yang luasnya lebih dari setengah hektar tersebut, hampir sebagian dari cabe tersebut mengalami pembusukan karena terus diterpa hujan, sehingga membuat dirinya merugi.

"Kalau untuk nominalnya kerugian ini, saya tidak bisa menyaksikan mas. Kemungkinan jutaan rupiah itu sudah pasti," jelasnya.

BACA JUGA:Irigasi Jebol, Puluhan Hektar Sawah Petani Beralih Fungsi

Tidak hanya yang dapat diperbuatnya, karena memang faktor cuaca ini tidak bisa ditentukan, sehingga dirinya berharap cuaca akan segera membaik, sehingga hasil panen cabe miliknya juga membaik.

"Iya semoga cepat berkahir aja mas hujan deras seperti ini. Karena selain sudah gagal panen, aktivitas pekerjaan juga menjadi terhambat," pungkasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: