Pengamat Sebut Indonesia Bakal Masuk Daftar Hitam Jika Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Pengamat Sebut Indonesia Bakal Masuk Daftar Hitam Jika Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Gambar hanya ilustrasi. --(Sumber Foto: Disway.id/BETV)

Sejumlah pihak mengecam serta merasa keberatan jika harus menerima Timnas Israel. Hal tersebut berkaitan dengan aksi penjajahan Israel terhadap Palestina.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: 10 Besar Calon Komisioner KPU Provinsi Diumumkan

Mereka menganggap, jika Indonesia mengizinkan Israel tampil di Indonesia untuk mengikuti turnamen junior level dunia tersebut, maka itu sama dinilai tidak mendukung kemerdekaan Palestina.

BACA JUGA:Begal Jalan Lintas Didor Polisi

Kendati demikian, Hikmahanto menganggap dukungan Indonesia untuk memperjuangkan Palestina tidak seharusnya dikaitkan dengan kedatangan timnas Israel ke Indonesia.

Menurutnya, Indonesia, tidak dapat melakukan perlawanan atau campur tangan terhadap ajang olahraga yang dilaksanakan oleh FIFA.

BACA JUGA:Wow! Menteri Keuangan Akui Rangkap 30 Jabatan

"Pemerintah Indonesia tidak mempunyai kendali tim mana yang boleh atau tidak boleh bertanding di Indonesia. Jika telah bersedia sebagai tuan rumah, maka Indonesia harus menerima siapapun negara yang dinyatakan lolos kualifikasi," ucapnya.

BACA JUGA:Aksinya Kepergok, 2 Maling Motor Nyaris Dihakimi Massa

Pada kesempatan terpisah, Zuhair Al Shun Duta Besar Palestina untuk Indonesia, juga memberikan penegasan bahwa keikutsertaan negara dalam ajang olahraga ini tidak ada hubungannya dengan konflik politik.

BACA JUGA:Benteng Kirim 6 Calon Paskibra ke Tingkat Provinsi

Bukan hanya terkait Palestina, beberapa pihak juga menyebutkan Indonesia semestinya menolak timnas Israel sebab tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun Hikmahanto menyatakan, tidak adanya relasi diplomatik bukan berarti kedua negara tidak memiliki relasi pada bidang sosial, budaya, perdagangan, serta olahraga.

BACA JUGA:Ingat! Pejabat Pemerintah hingga ASN Dilarang Gelar Buka Bersama, Diminta Hidup Sederhana Ala Presiden

Hikmahanto kemudian menyebutkan bahwa banyak warga negara Indonesia juga sering berziarah ke Masjidil Aqsa yang terletak di Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: