HMI Curup: Pengumuman 20 Besar Calon Komisioner KPU Daerah di Bengkulu Tidak Transparan

HMI Curup: Pengumuman 20 Besar Calon Komisioner KPU Daerah di Bengkulu Tidak Transparan

Tahapan Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota dengan tahapan terakhir pengumuman 20 besar nama bakal calon Anggota KPU yang dinyatakan lulus tes tertulis dan tes psikologi, dinilai tidak transparan dan mendapatkan sorotan Himpunan Mah--(Sumber Foto: Dok HMI Curup)

BENGKULU, BETVNEWS - Tahapan Seleksi Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota dengan tahapan terakhir pengumuman 20 besar nama bakal calon Anggota KPU yang dinyatakan lulus tes tertulis dan tes psikologi, dinilai tidak transparan dan mendapatkan sorotan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Curup.

BACA JUGA:Waspada! Oknum Mengaku dari BETV dan BE Koran Meminta Uang, Begini Modusnya

Hal ini diungkapkan lansung Ketua Umum HMI Cabang Curup, Legi Chandra pada awak media, Selasa 11 April 2023 pagi. 

BACA JUGA:Punya Uang Kuno tapi Bingung Tukar Kemana? Cek 3 Cara Tukar Uang Kuno Jadi Cuan!

"Setidaknya Timsel dapat mengumumkan nilai - nilai para peserta yang ikut serta dalam seleksi anggota KPU tersebut, guna menghindari kecurigaan para peserta yang tidak lolos 20 besar" sampainya.

BACA JUGA:Kasus OTT, Kantor BKPSDM Digeledah Kejari, 2 Koper Berkas Diamankan

Ia menambahkan, untuk mewujudkan Pemilihan Umum yang Luber Jurdil (langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil), semestinya dilaksanakan oleh penyelenggara pemilihan umum yang mempunyai integritas, profesionalitas dan akuntabilitas.

BACA JUGA:Pelajar SMK Dibekuk Polisi, Ternyata Pelaku Jambret

Sementara, dalam seleksi calon penyelenggara pemilu yang obyektif dan akuntable harus dimulai dengan terbentuknya tim seleksi yang independen dan berintegritas tinggi. 

BACA JUGA:Pelajar SDN 44 Kota Bengkulu Gelar Salat Gaib untuk Si Kembar Raffa dan Raffi

Logikanya tim seleksi harus mempunyai integritas lebih dari para peserta seleksi, yang dalam menjalankan tahapan seleksi bebas pengaruh dan intervensi dari pihak manapun.

BACA JUGA:Sinyal BBM Pertalite Turun? Menyesuaikan Harga Minyak Dunia, Ini Penjelasannya

"Untuk itu, Kami HMI Cabang Curup hanya ingin mengetahui standarisasi penilaian agar lolos 20 besar, baik dari Penilaian Tes Tertulis dengan sistem CAT maupun Tes Psikologi. Apalagi sejauh yang kami ketahui, sejauh ini seleksi PPK dan PPS di sejumlah daerah hasil tes tertulisnya diumumkan, kok yang seleksi komisioner KPU, malah tidak diumumkan" tegas Legi.

BACA JUGA:Viral!! Imam Dilempar Sendal saat Baca Ayat Panjang Salat Tarawih

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: