Masya Allah, Ini Pahala yang Akan Terus Mengalir sampai Hari Kiamat

Masya Allah, Ini Pahala yang Akan Terus Mengalir sampai Hari Kiamat

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Berikut hadits tentang amalan yang pahalanya akan terus mengalir sampai hari kiamat, yang artinya :

"Ketika seorang manusia meninggal dunia, maka amalannya terputus kecuali tiga hal, yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mau mendoakannya."

BACA JUGA:Amalkan Segera! Baca Do'a Ini dan Berdzikir agar Terbebas Dari Segala Utang

1. Sedekah Jariyah

Amal jariyah merupakan segala sesuatu yang diberikan kepada orang lain, serta mampu memberikan manfaat yang tiada habis. Contohnya adalah semua bentuk wakaf, menggali sumur untuk umum, membangun lembaga pendidikan, dan sebagainya.

Sedekah jariyah adalah kegiatan berbagi untuk memberikan manfaat yang banyak kepada orang lain, sehingga pahala selalu datang kepada yang melakukannya meskipun orang yang bersedekah telah meninggal dunia.

Namun, amalan ini tetap perlu dibarengi dengan niat yang tulus dan ikhlas, bukan untuk riya' dan bukan hanya untuk status duniawi.

BACA JUGA:Jauhi Sifat Tercela, Ini 5 Azab bagi Orang-orang Zalim, Didatangkan Musibah dan Malapetaka!

2. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang membawa  manfaat dan kegunaan bagi orang lain dalam rangka kebaikan. 

Selama ilmu yang diajarkan masih digunakan dan dimanfaatkan oleh orang lain, bahkan ketika dia sudah meninggal, pahala tidak akan pernah berhenti mengalir kepadanya selama itu.

Ilmu yang bermanfaat dapat berupa upaya untuk mengarahkan seseorang ke jalan yang benar, seperti ibadah, cinta Al-Qur'an, cinta Nabi, mengejar ilmu yang tinggi, dan sebagainya.

BACA JUGA:Naudzubillah! Inilah 3 Calon Penghuni Neraka Jahanam Menurut Al-Quran

3. Doa anak shaleh

Anak yang sholeh adalah anak yang dibesarkan dengan sangat baik oleh orang tuanya sehingga selalu mendoakan orang tuanya dan berguna bagi semua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: