Peminat Masuk Sekolah Negeri Turun, Ini Kata Disdikbud Mukomuko

Peminat Masuk Sekolah Negeri Turun, Ini Kata Disdikbud Mukomuko

Kantor Dinas Dikbud Mukomuko. --(Sumber Foto: Jemi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menjamurnya sekolah swasta berbasis Agama Islam di Kabupaten Mukomuko saat ini membawa pengaruh besar pada jumlah siswa di sekolah negeri. 

BACA JUGA:Catat! Batas Usia CPNS 2023 Lulusan SMA, Peserta Dapat Lengkapi Persyaratan Ini

Tahun 2022, beberapa sekolah negeri yang selalu terisi kuota siswa, namun kini banyak yang mengeluhkan kekurangan siswa yang mendaftar.

BACA JUGA:Gaji ke-13 Cair! PNS Hingga Pensiunan Dapat THR, Tertinggi Rp24,5 Juta

Dari data yang ada di Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko menyatakan bahwa memang ada tren dari orang tua untuk lebih cenderung menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta berbasis Agama Islam.

BACA JUGA:Kurangi Penularan dan Infeksi Penyakit di Lingkungan Rumah Sakit, RSKJ Gelar Penyuluhan Etika Batuk

Dengan keadaan tersebut pihak Disdikbud Kabupaten Mukomuko meminta kepada sekolah negeri baik tingkat SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) agar mencari metode dan inovasi dalam bidang pembelajaran agar bisa bersaing dengan sekolah swasta.

BACA JUGA:Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro, Ketuai Pansel Lelang Jabatan Sekdaprov Bengkulu

Disampaikan Ramon Hosky Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Disdikbud Kabupaten Mukomuko menyatakan bahwa dinas sangat mendukung adanya persaingan di dunia pendidikan dan hal ini sah-sah saja.

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat, Amalkan Doa Pelunas Utang Berikut Ini Jika Utang Masih Menggunung

Namun sekolah negeri diminta lebih  kreatif dan inovatif melakukan pengembangan disekolah layaknya disekolah swasta yang saat ini tengah berkembang.

BACA JUGA:HUT Kota Curup ke 143, Ini Ungkapan dan Harapan Ashanty Untuk Tanah Leluhurnya

"Kita bisa contohkan seperti di beberapa sekolah SMP di kota Mukomuko misalnya saat ini telah membuka kelas khusus tahfidz untuk mengimbangi sekolah swasta berbasis islami, sehingga bisa menarik minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya di sekolah negeri yang kualitasnya tidak kalah dari sekolah swasta," kata Kabid (Selasa 30 Mei 2023).

BACA JUGA:Cek Sekarang! Bantuan PIP Kemdikbud 2023 Cair hingga Rp1.000.000, Login Melalui pip.kemdikbud.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: