Cuma Abu Nawas Bisa Bikin Bingung Para Ulama, Sebut Rezeki Datang Sendiri

Cuma Abu Nawas Bisa Bikin Bingung Para Ulama, Sebut Rezeki Datang Sendiri

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: YouTube Humor Sufi)

 

"Ini berdasarkan hadits Nabi yang berbunyi: Andai kalian bertawakal kepada Allah sebenar-benar tawakal, niscaya Allah akan berikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada burung yang pergi dalam keadaan lapar lalu pulang dalam keadaan kenyang," papar Abu Nawas. 

 

Ternyata pandangan Abu Nawas mengenai rezeki tidak sama dengan para ulama yang hadir. "Wahai Abu Nawas, seandainya seekor burung tidak keluar dari sangkarnya bagaimana mungkin ia akan mendapatkan rezeki?" tanya salah satu ulama.

 

"Untuk mendapatkan rezeki dibutuhkan usaha dan kerja keras, Abu Nawas. Rezeki itu tidak datang sendiri, melainkan harus dicari dan didapatkan melalui sebuah usaha," timpal ulama yang lain.

BACA JUGA: Cuma Abu Nawas yang Buat Raksasa Jahat Ini Langsung Tobat, Luar Biasa..

Tapi Abu Nawas bersikukuh dengan pendapatnya, sehingga terjadilah sedikit perdebatan di antara mereka. Tidak ingin dapat berkepanjangan, Abu Nawas selalu berkata, "Begini saja, besok kita berkumpul lagi di sini dan buktikan pendapat kalian di hadapan Paduka Raja."

 

Para ulama ini pun sepakat dengan tawaran Abu Nawas tersebut. Abu Nawas dan para ulama kemudian pamit kepada Baginda Raja meninggakan istana.

 

Setelah berpamitan kepada Baginda Raja, Abu Nawas pun segera pulang ke rumahnya, sebab ia harus mengajar murid-muridnya. Sementara para ulama tersebut sibuk mencari cara untuk membuktikan pendapat mereka.

 

Sampai pada akhirnya saat berjalan pulang menyusuri sebuah desa, para ulama melihat penduduk setempat sedang panen buah kurma, kemudian terbesitlah niatan untuk membantu warga.

BACA JUGA: Abu Jahal dan Abu Nawas Rebutan Kebun, Kira-kira Siapa yang Menang?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: