Masya Allah! Apa Makna Telinga Berdenging Dalam Islam? Bukan Panggilan, Lebih Baik Coba Amalkan Doa Ini!

Masya Allah! Apa Makna Telinga Berdenging Dalam Islam? Bukan Panggilan, Lebih Baik Coba Amalkan Doa Ini!

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Hal tersebut, berdasarkan penafsiran dari sejumlah hadits serta teks keagamaan.

Salah satu dalil dijelaskan dalam kitab Azizi Ala Jamius Shaghir, disebutkan bahwa ketika telinga berdenging orang tersebut harus mengingat Rasulullah dan membaca shalawat untuknya.

BACA JUGA:Benar-benar Cinta! Pesona Umar bin Khattab Sang Lelaki Agung Setelah Masuk Islam

Rasulullah bersabda bahwa, "Jika telinga salah seorang di antara kalian berdenging, maka hendaknya ia mengingatku (Rasulullah SAW), membaca sholawat kepadaku, dan mengucapkan: "Dzakarallahu man dzakaroni bikhairin (Semoga Allah SWT mengingat orang yang mengingatku dengan kebaikan)."

(HR. al-Hakim, Ibn as-Sinni, at-Thabrani)

Teks tersebutlah yang dipakai kebanyakan orang, sebagai bukti bahwa telinga berdenging ialah panggilan dari Rasulullah SAW.

Dijelaskan Imam Abdurrauf Almunawi yang telah dikemukakan oleh Ali al-Azizi bahwa:

BACA JUGA:6 Makhluk Misterius dalam Kepercayaan Islam, Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadis!

"Sesungguhnya telinga itu berdengung hanya ketika datang berita baik ke ruh, bahwa Rasulullah SAW telah menyebutkan orang (pemilik telinga yang berdengung) tersebut dengan kebaikan di al-Mala' al-A'la (majlis tertinggi) di alam ruh."

Sementara, seorang sufi punya pandangan tentang fenomena seperti telinga berdenging atau berdengung, dapat ditafsirkan sebagai tanda maupun simbol berupa komunikasi antara manusia dan alam semesta, atau antara manusia dan Allah.

Tradisi sufi menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan, suara di dalam diri yang mencoba untuk berkomunikasi atau memberikan pesan.

BACA JUGA:Sabar Hadiahnya Surga! Begini Cara Melatih Kesabaran dalam Islam

Disebutkan dalam kitab lainnya, Imam almunawi menjelaskan bahwa ketika telinga berdenging kita sedang disebutkan di alam ghaib. 

Lantas hadits itu disebutkan sebagai hasan, walaupun tidak secara spesifik menyebutkan tentang alam malakut.

Nabi Muhammad menyampaikan bahwa, bagi siapa pun yang telinganya berdenging harus membaca basmalah serta berdoa agar Allah Ta'ala menyebutkan namanya dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: