Roleplay Disingkat RP, Tengah Viral di TikTok! Benarkah Membahayakan Anak-anak?

Roleplay Disingkat RP, Tengah Viral di TikTok! Benarkah Membahayakan Anak-anak?

Gambar merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Jadi dalam roleplay yang viral di TikTok, bahwa pemain bisa menjalankan peran yang memang ada dalam kehidupan nyata, atau menjadi orang lain yang benar-benar fiksi.


Gambar merupakan ilustrasi.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Roleplay TikTok biasanaya para pemainnya akan mengajak pemain lain, untuk membuat konten video tertentu dengan tokoh dan dunia yang sudag dibuat.

BACA JUGA:Amerika Serikat Blokir TikTok, Ini Negara Pertama yang Memberlakukan Larangan, Dituding Curi Data?

Salah satu contoh, pemain roleplay akan mencantolkan diir kepada seorang aktris favorit, kemudian diberi nama orang lain.

Sosok itu kemudian akan dimainkan oleh player roleplay menjadi karakter sesuai dengan yang diinginkan, dan bisa saja berbeda dengan dunia nyata.

Semakin banyaknya roleplayer yang bergabung, maka akan tercipta sebuah cerita yang akan terus dimainkan.

BACA JUGA:Bukan Amerika Serikat! Ternyata Indonesia Sudah Lebih Dulu Blokir TikTok, Benarkah?

Kaena roleplay di TikTok dimainkan dengan banyak player, dengan watak dan maksud yang berbeda tentu hal ini akan memiliki dampak buruk jika dimainkan anak-anak tidak dalam pengawasan orangtua.

Ya, game roleplay akan mengancam keselamatan anak-anak ataupun berpengaruh negaitif, karena dalam permainan roleplay di TikTok memang akan memakan waktu.

BACA JUGA:TikTok Digempur Badai Pemblokiran, Ini Daftar Negara Resmi Blokir TikTok, Nomor 9 Karena Hukum Syariat Islam

Selain itu, jika dimainkan oleh anak-anak ditakutkan akan terjadi kasus-kasus yang tentunya tidak wajar, semisalnya eksploitasi anak, pelecehan seksual, kehilangan identitas diri, dan bisa ketregantungan dan kecanduhan.

Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh game roleplay ini, tentu akan sangat buruk jika kemudian menimpa anak-anak, sehingga game ini tidak cocok untuk dimainkan oleh seseorang yang dibawah umur.

BACA JUGA:Indonesia Negara Pertama Blokir TikTok? Amerika Susul Belakangan, Begini Penjelasannya

Peran aktif orang tua memang dibutuhkan dalam rangka mengawasi kegiatan anak-anak, terlebih dengan kecanggihan teknologi saat ini ditambah semakin banyaknya aplikasi yang bisa diakses anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: