TERBARU! Ini 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan dan Punya Peluang Tinggi Lolos Seleksi CPNS 2023

TERBARU! Ini 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan dan Punya Peluang Tinggi Lolos Seleksi CPNS 2023

Gambar hanya ilustrasi.--(Sumber Foto: ist)

Jurusan ini menjadi prioritas untuk seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 di formasi tenaga pendidik. Jurusan kuliah S1 berpeluang besar jadi PNS adalah Jurusan Pendidikan mencakup jurusan matematika, fisika dan lainnya. Jurusan ini memiliki peluang besar untuk lolos dalam seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023. 

2. Jurusan Ilmu Hukum 

Jurusan kuliah S1 berpeluang besar jadi PNS yaitu Ilmu Hukum jkarena memiliki banyak peminat di instansi pemerintahan. Jurusan ini mencakup Hukum Pidana dan Hukum Perdata. 

Hukum Pidana yang dipelajar misalny Hukum Penitensier, Tindak Pidana Narkotika, Tidak Pidana Korupsi, Tinda Pidana Perdagangan Anak, KDRT dan masalah lainnya yang terkait bidang pidana. 

Sedangkan Hukum Perdata membahas hak-hak dan kepentingan individu, peminatan ini diambil bagi yang ingin menjadi notaris. 

BACA JUGA:KABAR BAIK! Seleksi CPNS 2023 Dibuka September, Lebih 1 Juta Formasi, Begini Cara Daftar dan Syaratnya

3. Jurusan Teknologi Bisnis Digital

Jurusan kuliah S1 berpeluang besar jadi PNS yaitu jurusan Teknologi Bisnis Digital karena bergelut di dunai digital saat ini, terlebih sekarang menjamur usaha bisnis online. 

4. Jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual)

Jurusan kuliah S1 berpeluang besar jadi PNS yaitu jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual) karena menekuni dunia digital yang dibutuhkan saat ini. Jurusan kuliha DKV juga menjadi jurusan kuliah populer. Jurusan ini mempelajari ilmu seni yang fokus pada elemen visual. 

Diantaranya animasi, new media, creative advertising, komunikasi grafis, periklanan, multimedia dan masih banyak lainnya. Lulusan kuliah jurusan ini pun dinilai mampu mengoperasikan software untuk menggambar dan mendesain perangkat digital, seperti photoshop, illustrator, corel draw, sketchup, dan lainnya.

5. Jurusan Cyber Security

Jurusan kuliah S1 berpeluang besar jadi PNS yaitu jurusan Cyber Security menjadi prioritas untuk seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 karena dapat membatu pemerintahan dalam menjaga big data dan menjadi forensics analyst. Saat ini data yang bocor pun menjadi tindakan kriminal untuk itu perlu untuk melindungi big data sehingga lulusan jurusan ini menjadi jawabannya.

BACA JUGA:Kisah Tragis! Mengenal Ratu Liliuokalani, Penguasa Hawaii Terakhir

Adapun syarat daftar CPNS 2023, diantaranya:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika pendaftaran calon Aparatur Sipil Negara (CASN).
  • Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan (yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana penjara 2 tahun atau lebih).
  • Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat atau hormat atas permintaan  sebagai PNS, Polri, TNI, atau pegawai swasta.
  •  Saat ini tidak sedang menjabat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, PNS, prajurit TNI maupun anggota Polri.
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Lulusan PTN IPK Minimal 2,75 dan PTS 3,00.
  • Sertifikat TOEFL, TOEIC, IELTS untuk formasi tertentu. 
  • Lulusan PTN dan Prodi Akreditasi BAN-PT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: