Disuguhi 'Lemah' Masakan Khas Kepahiang, Harus Konsultasi Juru Masak Kepresidenan hingga Disantap Joko Widodo

Disuguhi 'Lemah' Masakan Khas Kepahiang, Harus Konsultasi Juru Masak Kepresidenan hingga Disantap Joko Widodo

Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Kepahiang. --(Sumber Foto: Hendri/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Kabupaten Kepahiang, yang dilakukan pada Kamis 20 Juli 2023 kemarin masih melekat diingatan masyarakat. 

Rombongan Presiden Republik Indonesia memang sudah selesai melakukan kunjungan kerja di Kepahiang, guna untuk meninjau Pasar Tradisional dan juga RSUD Kepahiang. 

Namun ada salah satu sejarah yang mungkin akan terus diingat oleh Pemerintah Kabupaten Kepahiang, karena kehadiran Joko Widodo dan rombongan sempat untuk mampir di rumah dinas Bupati Kepahiang. 

BACA JUGA:Presiden Beri 'Pujian' Gerak Cepat Proses Pembebasan Lahan di Provinsi Bengkulu

Dalam kesempatan tersebut, kemudian Joko Widodo diberikan sebuah hidangan makanan khas Kepahiang yang lazim disebut dengan gulai lemah. 

Makanan khas Rejang tersebut, memang sengaja dibuat untuk disediakan langsung bagi Presiden Republik Indonesia dan juga rombongan yang hadir di Kabupaten Kepahiang. 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Sambut Presiden Jokowi, HMI Gelar Aksi Unjuk Rasa di Halaman Kantor BEMG

Namun demikian, tentu dalam menyediakan makanan untuk orang nomor satu di Indonesia tersebut bukanlah perkara mudah, karena Pemerintah Kabupaten Kepahiang terlebih dahulu harus berkoordinasi dengan juru masak Kepresidenan terlebih dahulu. 

Perlu diketahui, bahwa lemah merupakan makanan khas di Kabupaten Kepahiang dan Rejang yang dibuat dari bambu muda (rebung) selanjutnya difermentasikan. 

BACA JUGA:Kehadiran Presiden RI, Jonaidi SP Berharap Bisa Jadi Berkah Kemajuan Provinsi Bengkulu

"Sebelumnya kita sudah berkonsultasi dengan pramusaji Kepresidenan, Alhamdulilah disetujui dan kita sajikan ke pak Presiden," ungkap Hartono Sekda Kepahiang, Jum'at 21 Juli 2023.

Lebih lanjut, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat menyicipi masakan lemah yang disediakan Pemerintah Kabupaten Kepahiang, bahkan memberikan respon yang baik terkait dengan masakan khas tersebut. 

BACA JUGA:Presiden RI Kunjungi Pasar Purwodadi, Ini Janji Joko Widodo Untuk Masyarakat Bengkulu Utara

Hartono juga menuturkan, masakan lemah yang disediakan oleh Pemkab Kepahiang dicicipi dan disukai oleh Presiden Jokowi Dodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: