Viral! Dugaan Aliran Sesat Gegerkalong Bandung, Berikut Fakta, Penjelasan dari Polisi hingga Arti Syiah

Viral! Dugaan Aliran Sesat Gegerkalong Bandung, Berikut Fakta, Penjelasan dari Polisi hingga Arti Syiah

Video amatir menunjukkan sekelompok orang yang bergerak seolah menari dalam ruangan temaram dengan pencahayaan berwarna merah.--(Sumber Foto: ist)

Lantas, apa itu aliran Syiah? Berikut penjelasannya.

Syiah merupakan sempalan atau sekte yang dianggap melenceng dari ajaran agama Islam. Namun, tidak semua kaum Syiah dianggap sesat karena masih ada sebagian dari mereka yang masih beriman terhadap Al-Quran.

Peneliti Balai Litbang Agama Semarang Kemenag, Moh Hasim dalam artikelnya yang bertajuk Syiah: Sejarah Timbul dan Perkembangannya di Indonesia, menjelaskan Syiah dari segi bahasa atau etimologi merupakan pengikut, pecinta, pembela yang ditujukan kepada ide, individu, ataupun kelompok-kelompok tertentu.

BACA JUGA:Makin Berlimpah, 6 Amalan Rezeki Mengalir Deras, Salah Satunya Bacaan Dzikir 100 Kali

Dalam arti lain, Syiah juga diartikan sebagai Tasyayu yang berarti patuh atau mentaati secara agama dan mengangkat kepada orang yang ditaati dengan penuh ketulusan serta tanpa adanya keraguan.

Penggunaan kata Syiah ini banyak juga disinggung dalam Al-Quran dan juga literatur-literatur lama. Dalam Al-Quran disebutkan dalam surat Ash-Shaaffaat ayat 83 yang memiliki arti:

“Dan sesungguhnya Ibrahim benar-benar sebagai pendukungnya (Nuh)”

Kata Syiah sendiri sudah dikenal sejak awal peradaban Islam sebagai sebuah identifikasi pada kelompok-kelompok yang mengidolakan seseorang sebagai tokoh.

Adapun secara terminologi, Syiah berarti kelompok aliran atau paham yang mengidolakan Ali bin Abi Thalib ra, dan juga keturunannya meliputi Imam-Imam atau para pemimpin agama dan juga umat setelah Nabi Muhammad.

Ada juga yang mengartikan bahwa Syiah merupakan kaum muslimin yang menganggap bahwa penggantian Nabi Muhammad SAW merupakan hak istimewa yang dimiliki oleh keluarga nabi dan mereka yang memiliki ilmu di bidang pengetahuan dan kebudayaan Islam atau ahlul bait.

BACA JUGA:Ajarkan Anak Bacaan Sholawat Jibril, InsyaAllah Anak Sholeh Rezeki Lancar dan Berkah

Quraish Shihab juga sempat memberikan definisinya tentang Syiah, ia mendefinisikan Syiah sebagai mereka yang mengikuti Sayyidina Ali ra dan percaya bahwa ia merupakan Imam setelah Rasul Saw. Mereka juga percaya bahwa imamah tidak keluar dari beliau serta keturunannya.

Penjelasan Polisi

Kapolsek Sukasari, Kompol Mohammad Darmawan, menyatakan bahwa kepolisian tidak dapat menyatakan kegiatan dalam video tersebut sebagai aliran sesat dan polisi hanya fokus pada kemananan saja.

BACA JUGA:Hore! Bansos PKH Tahap 3 Cair Agustus 2023, Begini Cara Cek Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: