Dikira TV Rusak, Ternyata Salah! KPID: Siaran Wilayah 1 Bengkulu Sudah Beralih ke Digital Secara Mandiri

Dikira TV Rusak, Ternyata Salah! KPID: Siaran Wilayah 1 Bengkulu Sudah Beralih ke Digital Secara Mandiri

Fonika Thoyib, Wakil Ketua KPID Bengkulu. --(Sumber Foto: TIM/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS.COM - “....Beberapa hari terakhir banyak masyarakat mengeluhkan, mengapa siaran televisi banyak yang sudah tidak bisa ditonton lagi, gambarnya tidak ada. Jadi kami sudah tidak bisa menyaksikan televisi dirumah...”    

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, KPID Ajak Masyarakat Cerdas Tanggapi Informasi di Lembaga Penyiaran

Tenang jangan panik dulu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu mengatakan hal itu berkaitan dengan siaran televisi yang dari analog sudah beralih ke siaran digital. 

BACA JUGA:Tayangan Iklan Obat Tradisional dalam Pengawasan KPID Bengkulu dan BPOM

Undang-Undang Cipta Kerja No. 11 tahun 2020 atau dikenal dengan omnibus law mengamanatkan perpindahan (migrasi) siaran televisi analog ke siaran digital, yang seyogyanya per tanggal 2 November 2022 lalu migrasi siaran analog ke digital dilakukan secara serentak di Indonesia.

Namun karena ada beberapa persoalan teknis dilapangan siaran analog tidak bisa dimatikan sesuai waktu yang telah ditetukan. 

BACA JUGA:Berikan Apresiasi ke BETV, Ini Pesan Disampaikan KPID Bengkulu

Lalu pelaksanaan migrasi penyiaran analog ke siaran digital dilakukan secara bertahap tergantung kesiapan penyelenggara mux di wilayah mereka ditunjuk. 

Wakil Ketua KPID Bengkulu yang juga membidangi Pengawasan Isi Siaran, Fonika Thoyib menyampaikan bahwa untuk wilayah Bengkulu sebagimana data agregat kementerian Kominfo RI berada di wilayah layanan Bengkulu 1 meliputi Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, per tanggal 1 Agustus 2023 sudah bermigrasi siaran analog ke siaran digital (Analog Switch Off) secara mandiri. 

BACA JUGA:Apresiasi Siaran 24 Jam, KPID Bengkulu Kunjungi Graha Pena Bengkulu Ekspress Televisi

Tahap pertama tanggal 2 November 2022 mux TVRI Bengkulu (34 UHF) melakukan switch Off mandiri 8 chanel stasiun televisi, yaitu: TVRI, TVRI Bengkulu, TVRI world, TVRI Sport, Net TV, ATV, RBTV dan BETV.

Kemudian menyusul mux Indosiar (31 UHF) pada tanggal 8 Juli 2023 ada Indosiar, SCTV, Moji, Mentari TV, Kompas TV, TransTV, Trans7, Metro TV. 

BACA JUGA:Apresiasi Siaran 24 Jam, KPID Bengkulu Kunjungi Graha Pena Bengkulu Ekspress Televisi

Terakhir pada tanggal 1 Agustus 2023 mux RCTI (40 UHF) ada 6 stasiun televisi, yaitu RCTI, MNCtv, GTV, iNews, ANTV dan Tvone. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: