Kacamata Hitam Jadi Penunjang Gaya Masa Kini, Ternyata Pertama Kali Dipakai Suku Ini

Kacamata Hitam Jadi Penunjang Gaya Masa Kini, Ternyata Pertama Kali Dipakai Suku Ini

Sejarah kacamata hitam, pertama kali dipakai orang Inuit Kanada, pelindung sinar UV.--(Sumber Foto: Wikipedia)

BACA JUGA:Tradisi Aneh Suku Kalaidzhi Bulgaria, Pria dan Wanita Cari Jodoh di Pasar Pengantin, Maharnya Rp117 Juta, Wow!

Kacamata hitam di zaman itu juga tidak transparan, dipotong menutupi mata sepenuhnya dan dilekatkan erat pada wajah penggunanya dengan ikatan tali atau kulit.

Jadi, bentuk kacamata orang Inuit lebih mirip penutup mata ketimbang kacamata. Agar bisa melihat, ada celah kecil dan panjang untuk mengintip dari balik kayu atau tulang tersebut.

BACA JUGA:Suku Dinka, Manusia Tertinggi dan Terpendek di Afrika Ternyata Tetanggaan, Pemain Basket NBA

Orang yang tinggal di kutub memang perlu melindungi mata mereka dari gejala yang dinamakan snow blindess atau kebutaan salju.

Kebutaan salju adalah hilangnya penglihatan sementara akibat terbakarnya kornea mata akibat terkena sinar ultraviolet dari matahari secara berlebih sehingga penglihatan pun menjadi terganggu. 

Dalam istilah medis, kebutaan salju disebut dengan fotokeratitis. Foto berarti cahaya, dan keratitis artinya radang kornea.

BACA JUGA:Tradisi Pasar Pengantin Bulgaria, Jadi Ajang Cari Jodoh, Muda Mudi Suku Kalaidzhi

Bagi orang yang tinggal di kutub, mencegah kebutaan salju sangat penting karena salju bersifat memantulkan radiasi ultraviolet. 

Salju bahkan mampu memantulkan lebih dari 80 persen sinar ultraviolet yang jatuh di atasnya.

Kacamata Berburu dan Asah Mata Panah

Kacamata orang Inuit juga digunakan sebagai safety glasses saat membuat mata panah. Fungsinya sebagai perlindungan dari serpihan batu atau kerikil agar tidak masuk mata saat diasah dan dipahat.

Jika tidak ada taring walrus atau tulang, kadang-kadang kulit beruang, kulit rusa salju, atau potongan kayu birch bisa jadi ganti kacamata salju.

BACA JUGA:Tradisi Pasar Pengantin Bulgaria, Jadi Ajang Cari Jodoh, Muda Mudi Suku Kalaidzhi

Dikutip dari laman Sainsbury Centre, University of East Anglia, kacamata kayu bulat mirip mata burung hantu di kartun juga digunakan untuk mencegah kebutaan salju saat berburu. Bedanya, lubang intipnya berbentuk bulat kecil dan bidang penutup mata bundar lebar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: