Keberagaman Agama dan Budaya di Seluma, Jonaidi: Keharmonisan Harus Tetap Terjaga

Keberagaman Agama dan Budaya di Seluma, Jonaidi: Keharmonisan Harus Tetap Terjaga

Jonaidi, SP, MM., Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Kabupaten Seluma merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki macam adat, budaya, suku maupun agama. Bahkan hal ini sampai saat ini bisa hidup berdekatan tanpa ada sedikitpun perselisihan. 

Sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama, dan bisa menjaga kepercayaan dan kebudayaan masing-masing sangat terjaga di Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Memasuki Pertengahan Agustus, Jonaidi Harap Pekerjaan Fisik Bisa Selesai Tepat Waktu

Suku Serawai sebagai pribumi di Kabupaten Seluma, juga sangat terbuka akan kehadiran dari suku pendatang bahkan tanpa ada diskriminasi sedikitpun terhadap para pendatang. 


Jonaidi, SP,. Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu bersama Kepala Desa Sumber Arum dan tokoh budaya pada kegiatan HUT 51 Desa Sumber Arum,--(Sumber Foto: Tim/Betv).

Berbagi kehidupan dan saling berinteraksi antar sesama menjadi kunci suksesnya akulturasi yang ada di Kabupaten Seluma. 

BACA JUGA:Gelar Festival Jaranan, Jonaidi: Budaya Merupakan Jati Diri Bangsa

Disampaikan Jonaidi, SP Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, bahwa keberadaan masyarakat suku Serawai yang menyambut baik dari masyarakat pendatang begitu baik, sehingga sudah seperti tidak ada batasan dalam berkehidupan sosial. 

"Belum pernah terdengar ada konflik horizontal di Kabupaten Seluma yang diakibatkan perbedaan Suku, Agama, Ras, dan antar Golongan (SARA). Hal ini karena Suku Serawai di Seluma terkenal sangat welcome atau menyambut baik suku pendatang, demikian halnya suku pendatang juga bisa menempatkan diri dan menghormati budaya lokal," ujarnya, Rabu 28 Februari 2024.

BACA JUGA:Jonaidi Ajak Masyarakat Hadiri Festival Pencak Serawai, Serta Belanja Bahan Pokok Harga Murah

Jonaidi juga berharap agar kondisi ini tetap berlanjut ke depan, dan bahkan seterusnya. Sehingga keharmonisan dan rasa persaudaraan di Kabupaten Seluma tetap terjaga.

"Seluma merupakan salah satu miniatur mini Indonesia dimana keragaman suku budaya juga banyak ditemukan disini. Jangan sampai keharmonisan yang sudah terjalin selama ini dirusak oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab," imbuhnya.(ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: