dempo

Hakikat Kemerdekaan Menurut Jonaidi, SP Harus Penuhi 3 Unsur, Begini Penjelasannya

Hakikat Kemerdekaan Menurut Jonaidi, SP Harus Penuhi 3 Unsur, Begini Penjelasannya

Jonaidi, SP, MM., Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu saat gelaran Festival Pencak Serawai di Seluma. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

BENGKULU, BETVNEWS - Kemerdekaan merupakan kebebasan suatu negara dari penjajahan yang sebelumnya dilakukan oleh negara lain, sehingga dengan melepaskan penjajahan tersebut negara diakui Kemerdekaan dan memiliki kedaulatan sendiri. 

Menurut Jonaidi, SP bahwa berbicara tentang Kemerdekaan dirinya memiliki kriteria tersendiri, mantan aktivis tersebut menyampaikan bahwa hakikat Kemerdekaan tersebut harus memenuhi beberapa unsur. 

BACA JUGA:Keberagaman Agama dan Budaya Harmonis, Jonaidi: Kabupaten Seluma Tetap Terjaga


Jonaidi, SP, MM., Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Tim/Betv)

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu menyampaikan ada tiga unsur hakikat Kemerdekaan yang menurutnya harus terpenuhi diantaranya, berdaulat secara politik, berdaulat secara ekonomi dan berkepribadian secara budaya. 

BACA JUGA:Jonaidi Ajak Masyarakat Hadiri Festival Pencak Serawai, Serta Belanja Bahan Pokok Harga Murah

"Tahun ini genap Indonesia memasuki usia 78, karena sejak Soekarno-Hatta memproklamirkan Kemerdekaan bangsa ini pada 1945. Namun bagi saya, hakikat Kemerdekaan itu harus memenuhi tiga unsur diantaranya berdaulat politik, berdaulat ekonomi dan berbudaya," sampai Jonaidi, SP, Senin 14 Agustus 2023.

BACA JUGA:Inisiasi Festival Pencak Serawai, Jonaidi: Ajang Pengukuhan Pentingnya Adat dan Kebudayaan Dalam Kemerdekaan

Lanjutnya, jika ketiga unsur tersebut masih belum terpenuhi maka Kemerdekaan sejatinya belum sepenuhnya dimiliki oleh warga negara Indonesia. 

"Namun, poin ketiga ini yang kadang tidak muncul kental pada event-event fungsi Pemerintahan, baik di penyelenggaraan pembangunan ataupun penyelenggaran lainnya, maka dari itu saya berinisiatif bersama Dikbud Provinsi Bengkulu menggelar Festival Pencak Serawai 2023," ucapnya.(ADV) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: