Ternyata Ini Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto, Ada Temuan Bentuk Surya Majapahit, Apa Itu?

Ternyata Ini Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto, Ada Temuan Bentuk Surya Majapahit, Apa Itu?

Ilustrasi. Peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto, ada temuan bentuk Surya Majapahit.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

"Memang pernah diadakan ekskavasi ada tiga titik, ya, yang satu di daerah area lapangan sepak bola yang kedua di situs Klinterejo ini, yang ketiga di belakang sana. Di belakang Situs Klinterejo," ungkap Riedy Prastowo, Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Mojokerto.

BACA JUGA:Keturunan Majapahit Ini Masih Hidup Berpuluh-puluh Tahun, Ternyata Tinggal Dekat Goa di Mojokerto, Sudah Tahu?

Penemuan Bintang Mandala

Lantas Situs Klinterjo atau candi ini luas tanahnya masih belum diketahui, namun ternyata dibalik ekskavasi tersebut ditemukan bentuk seperti Bintang Mandala atau juga dikenal dengan Surya Majapahit.

Bintang Mandala tersebut ukurannya sangat besar dan luas, serta sudah berhasil di ekskavasi, sehingga diperkirakan struktur bangunan pada situs ini begitu luas.

BACA JUGA:Asal Mula Pendirian Kerajaan Majapahit, Raja Pertama Ini Mampu Kalahkan Jayakatwang Berkat Bantuan Sekutu

Berdasarkan pengakuan Riedy, bahwa pihaknya selama melakukan ekskavasi belum pernah menemukan bentuk Bintang Mandala, lantas di Klinterejo inilah ada penemuan baru tersebut.

"Ya kebetulan di Situs Klinterejo ini memang ditemukan yang sangat luar biasa, ditemukan bintang mandala, tentunya juga Surya Majapahit," jelasnnya.

BACA JUGA:Kerajaan Megah di Nusantara yang Hilang, Majapahit Masih Jadi Misteri, Benar Ada di Mojokerto?

Selanjutnya ada sebuah bangunan yang diduga masih utuh dan menyambung. Seperti bentuk bangunan Bintang Mandal, hal ini disampaikan tim ekskavasi.

"Tapi kita tarik garis lurus ke utara itu memang ada sambungan. Kemungkinan besar bisa menyambung ke area lapangan juga. Memang kalau ada yang di belakang sana, kita belum bisa mengupas secara leluasan Tapi masih bisa kok, kalau diadakan ekskavasi lagi kita tarik ke depan, kemungkinan ditemukan struktur," ujarnya.

BACA JUGA:Suku Kalang di Jawa Terkenal Sakti Dari Suku Dayak, Pasukan Perang Andalan Kerajaan Majapahit

Bagian belakang di Situs Klinterejo tersebut menurut informasi dari arkeolog adalah tempat peribadatan dan termasuk bangunan suci.

Hal ini berdasarkan ekskavasi penemuan yang terjadi pada tahun 2022.

Tidak hanya situs Bintang Mandala saja yang ditemukan, ada pula sejumlah benda menyertai temuan candi tersebut. Benda tersebut berupa celengan, uang logam, hingga keris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: