dempo

Bansos BPNT Rp600.000 Cair September, Namun Hanya untuk Penerima yang Memenuhi Syarat Ini, Cek Selengkapnnya!

Bansos BPNT Rp600.000 Cair September, Namun Hanya untuk Penerima yang Memenuhi Syarat Ini, Cek Selengkapnnya!

Syarat penerima bansos BPNT tahap 4 yang cair Agustus 2023.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Simak informasi mengenai bansos BPNT 2023 tahap 5 yang cair awal September hingga Rp400.000. Cek nama penerima melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Hingga saat ini pemerintah masih terus mengucurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) yang disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Bansos BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) menjadi salah satu bantuan yang rutin dicairkan pemerintah kepada masyarakat miskin dan rentan miskin untuk memperbaiki perekonomian dan taraf hidup masyarakat.

Bansos BPNT masih terus disalurkan pemerintah secara bertahap kepada penerima manfaat.

Penerima bansos BPNT akan mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp200.000 per bulan dari pemerintah.

Dalam setahun, penerima manfaat dapat mengantongi bantuan uang tunai sebesar Rp2.400.000. Namun dana tersebut tidak dapat dicairkan secara langsung, melainkan dalam beberapa tahapan dengan nominal Rp400.000 hingga Rp600.000.

Ada dua mekanisme penyaluran dana bansos BPNT, yakni melalui Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri) dan Pos Indonesia.

Jika melalui bank Himbara, penerima bansos bisa mencairkan dana BPNT selama dua bulan sekali atau dalam 6 tahap selama setahun dengan nominal Rp400.000 per tahap.

Sementara jika penerima mencairkan bansos BPNT melalui Pos Indonesia, maka penyaluran dilakukan selama 3 bulan sekali atau 4 tahap dalam setahun dengan nominal Rp600.000 per tahap.

Jika merujuk pada mekanisme penyaluran melalui Pos Indonesia, maka bansos BPNT telah memasuki tahap 3 untuk alokasi penyaluran Juli-Agustus-September 2023. Dana yang akan didapatkan adalah Rp600.000.

Lantas, sampai kapan bansos BPNT 2023 tahap 3 Rp600.000 cair?

Bansos BPNT tahap 4 dijadwalkan masih akan terus cair hingga akhir September 2023 mendatang.

Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua masyarakat bisa mendapatkan bantuan sosial ini. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar menjadi penerima manfaat bansos BPNT tahap 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: