Kebakaran Lahan Kian Sering, Siang Tadi 2 Hektar Lahan Gambut Terbakar di Desa Jenggalu

Kebakaran Lahan Kian Sering, Siang Tadi 2 Hektar Lahan Gambut Terbakar di Desa Jenggalu

Kebakaran lahan gambut terjadi lagi, tepatnya di Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma pada Kamis 5 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB. Data terhimpun, diduga lahan gambut y--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kebakaran lahan gambut terjadi lagi, tepatnya di Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma pada Kamis 5 Oktober 2023 pukul 14.00 WIB.

Data terhimpun, diduga lahan gambut yang terbakar itu milik Jon Midarling warga Desa Jenggalu. Lahan diduga miliknya itu terbakar seluas 2 hektar.

BACA JUGA:Dalam Waktu Berdekatan, 2 Insiden Kebakaran Lahan Terjadi Hari Ini di Seluma

Menurut keterangan saksi Susanto bahwa lokasi kebakaran dengan tempatnya bekerja tidak terlalu jauh.

Saat itu ketika sedang bekerja di kandang ayam dirinya melihat kepulan asap yang semakin lama semakin membumbung tinggi.

Karena kaget dan khawatir api akan menjalar ke tempatnya bekerja, lalu dirinya bersama rekannya Bayu bergegas menuju lokasi.

BACA JUGA:Dampak El Nino, Lebih 700 Hektar Lahan Sawah Kekeringan di Bengkulu Tengah

Tak hanya itu saja kata Susanto rekannya Bayu pun berinisiatif menghubungi pemilik kandang ayam yang berdomisili di Kota Bengkulu, agar datang ke lokasi membantu memadamkan api yang semakin membesar.

BACA JUGA:Lahan Ilalang di Seluma Terbakar, Diduga Ada ODGJ yang Bakar Sampah

"Saya lihat asap kebakaran yang membung tinggi, karena takut asap itu menyambar ke kandang ayam milik Bos,saya coba padamkan cara manual mas," kata Susanto.

Akhirnya pukul 14. 30 WIB petugas Damkar Kota Bengkulu datang ke lokasi, dan tak berselang lama juga Damkar Kecamatan Air Priukan pun tiba di TKP.

BACA JUGA:Masyarakat Seluma Hibahkan Lahan, Bangun Kembali TPI Ketapang Baru yang Rusak

Di sisi lain, saat dikonfirmasi Kapolsek Sukaraja Iptu Prengky Sirait membenarkan adanya kebakaran lahan gambut di Desa Jenggalu, pihaknya pun telah menurunkan anggota ke lokasi untuk membantu memadamkan api selanjutnya memastikan tak ada lagi sisa percikan api.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran lahan, namun dirinya tetap mengimbau kepada warga agar tak membuka lahan dengan cara membakar ataupun membuang puntung rokok sembarangan karena saat ini sedang musim kemarau dan rawan terjadi karhutla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: