Ternyata Bisa Jadi Pembalut Luka, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Cek Kandungannya!

Ternyata Bisa Jadi Pembalut Luka, Ini 5 Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan, Cek Kandungannya!

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan daun pisang untuk kesehatan.--(Sumber Foto: Pixabay)

BETVNEWS - Selain populer dengan buahnya, pohon pisang juga memiliki daun yang diketahui sangat bermanfaat baik dalam kesehatan. Tentu sebagian dari kita pernah bukan melihat daun pisang yang dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan atau pelapis untuk makanan.

Nah, ternyata ekstrak daun pisang punya khasiat sebagai pengobatan, masih banyak yang belum mengetahui tentang keistimewaan yang dimiliki daun satu ini. Dikatakan daun multi fungsi, selain sebagai alas atau pembungkus daun ini juga dapat digunakan untuk kecantikan. Lantas daun pisang memiliki kandungan apa saja? simak ulasan berikut.

BACA JUGA:Kamu Suka Makan Buah Pisang? Intip 8 Manfaat dan Kandungannya di Sini, Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Dilansir dari hellosehat, daun ini mengandung beberapa nutrisi seperti alpha-keto-glutaric-acid, beta-sitosterol, kalsium, karbohidrat, glutaric acid, glyceric acid, glycolic acid, glyoxlic-acid, lemak, hingga serat.

Tidak hanya itu, daun tersebut juga memiliki kandungan malonic-acid, lignin, eugenol, phytol, polifenol, flavonoid, alkaloid, oxalic-acid, fosfor, anthraquinone, protein terpenoid, tanin,  saponin, cardiac glycosides, pyruvic-acid, shikimic-acid, dan succinic-acid.

Selain mengatahui kandungan, berikut ini ada beberapa manfaatnya.

BACA JUGA:Dapat Mengobati Kista dan Ovarium! Ini 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh, Cek Manfaat Lainnya

5 manfaat daun pisang untuk kesehatan

1. Untuk pembalut luka

Tahukah kamu? Ternyata daun pisang bisa digunakan sebagai pembalut luka. Bisa saja luka yang dirasakan seseorang menyebabkan iritasi, sehingga diperlukan untuk menjaga kelembapan luka dan melindungi luka tersebut dari mikroorganisme.

Pembalut tersebut diusahakan tidak lengket dan mudah lepas, salah satu solusi terbaik adalah dengan menggunakan daun pisang ini. Jangan khawatir merasa perih, dengan menggunakan daun pisang ini kamu tidak akan merasa perih, meskipun dibuka ataupun diganti.

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Dapat Cegah Serangan Jantung hingga Sinusitis

2. Dapat lindungi kulit dari sinar ultraviolet

Daun pisang memiliki kandungan senyawa bernama lignin, hal ini juga telah dilakukan penelitian menurut terbitan dari International Journal for Research Trends and Innovation (2018) bahwa kandungan lignin pada ekstrak daun pisang, menggunakan konsentrasi sejumlah 3 persen dapat menghambat penyerapan pada sinar ultraviolet di kulit yang diketahui setara oleh tabir surya SPF 5,3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: