Cair Akhir Oktober, Segera Cek Penerima Bansos PKH Khusus Lansia, BLT Rp600.000 Siap Masuk Rekening Hari Ini

Cair Akhir Oktober, Segera Cek Penerima Bansos PKH Khusus Lansia, BLT Rp600.000 Siap Masuk Rekening Hari Ini

Cair Akhir Oktober, Segera Cek Penerima Bansos PKH Khusus Lansia, BLT Rp600.000 Siap Masuk Rekening Hari Ini--(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Alhamdulillah! Bansos PKH kategori lansia cair lagi akhir Oktober 2023. Tahap 4 siap dikucurkan hari ini kepada penerima manfaat. Segera cek nama kamu melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Apabila terdaftar sebagai penerima bantuan ini, maka BLT sebesar Rp600.000 siap masuk ke rekening KKS hari ini. 30 Oktober 2023.

Sebagai informasi, bansos khusus lansia di atas 60 tahun ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan pemerintah kepada masyakarat miskin dan rentan miskin.

BACA JUGA:Penerima Siap-siap, Bansos BPNT Tahap 5 2023 Cair, Segera Cek Status Nama Kamu Hari Ini!

Melansir laman resmi Kementerian Sosial, Program Keluarga Harapan (PKH) adalah bansos yang diturunkan pada tahun 2007 sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan.

Bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang telah terdaftar di DTKS Kemensos untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga miskin serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Selama satu tahun, bansos PKH disalurkan dalam 4 tahap atau 3 bulan sekali melalui PT Pos Indonesia dan Bank Himbara (BRI, BNI, BTN, Mandiri).

BACA JUGA:Bansos PIP Kemdikbud 2023 Cair, Segera Cek Status Penerima, Ambil Langsung Uang Gratis hingga Rp1 Juta

Penerima manfaat PKH akan mendapatkan bantuan berupa uang tunai yang besarannya berbeda-beda. Untuk kategori lansia akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp600.000 per tahap atau Rp2.400.000 dalam satu tahun. Khusus lansia, bantuan uang tersebut akan diantarkan langsung ke rumah oleh pihak Kantor Pos atau Bank Himbara. Namun jika ingin mengambil bantuan secara mandiri, dapat mendatangi kantor pos dan bank Himbara terdekat.

Saat ini PKH 2023 telah memasuki tahap 4 untuk alokasi penyaluran bulan Oktober 2023. Berdasarkan jadwal penyaluran bansos di tahun-tahun sebelumnya, PKH 2023 khusus lansia tahap 4 dan untuk semua kategori dijadwalkan akan cair dari tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2023.

BACA JUGA:Bansos BPNT Cair hingga Rp600.000, Cek Jadwal Penyalurannya Cukup Melalui Hp, Begini Caranya!

Dengan demikian, hari ini bansos PKH khusus lansia tahap 4 sudah mulai cair kepada sejumlah penerima manfaat di beberapa wilayah di Indonesia secara bertahap.

Lebih lengkap, pemerintah telah membagi jadwal penyaluran bansos PKH 2023 menjadi 4 tahapan. 

Berikut jadwal penyaluran bansos PKH 2023:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: