BLT El Nino Cair November! Khusus Penerima PKH Bansos Siap Dapat Bantuan Rp400.000, Segera Cek ATM KKS Kamu

BLT El Nino Cair November! Khusus Penerima PKH Bansos Siap Dapat Bantuan Rp400.000, Segera Cek ATM KKS Kamu

BLT El Nino Cair November! Khusus Penerima PKH Bansos Siap Dapat Bantuan Rp400.000, Segera Cek ATM KKS Kamu--(Sumber Foto: Tria/BETV)

BETVNEWS - Selamat! Penerima PKH dapat tambahan BLT Rp400.000 November 2023. Bansos El Nino akan segera cair dalam waktu dekat ini kepada masyarakat yang terdampak fenomena El Nino.

Segera cek penerima melalui link cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi Cek Bansos di handphone kamu sekarang juga. Apabila nama kamu terdata sebagai penerima bansos PKH (Program Keluarga Harapan), maka kamu berkesempatan mendapatkan bantuan uang gratis Rp200.000 per bulan.

BACA JUGA:Anak Sekolah Terima BLT PKH Rp2.000.000, Cek Daftar Penerimanya Segera di cekbansos.kemensos.go.id

Sama seperti PKH, dana bansos El Nino disalurkan melalui ATM KKS penerima. KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) sendiri merupakan kartu yang diberikan kepada penerima bansos sekaligus merangkap ATM penyaluran bansos secara nontunai.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia sedang dilanda fenomena El Nino yang mengakibatkan perubahan pola curah hujan, suhu udara yang meningkat, dan kecenderungan peningkatan titik panas. Tidak jarang fenomena ini menyebabkan kekeringan, kekurangan air bersih, gagal panen, serta kebakaran hutan dan lahan.

Fenomena ini diperkirakan masih akan terus terjadi hingga akhir tahun 2023. Oleh sebab itu, pemerintah berupaya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak fenomena ini melalui BLT El Nino hingga akhir tahun 2023.

BACA JUGA:Cair November! Cek Kuota dan 7 Kriteria Penerimanya, Bansos PKH Tahap 4 Disalurkan Tanggal Ini

Selain itu, BLT El Nino juga diberikan untuk menaikkan daya beli masyarakat di tengah fenomena yang sedang terjadi di Indonesia.

Anggaran sebesar Rp 7,52 triliun telah disiapkan pemerimtah untuk membantu 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak El Nino. Bantuan ini akan disalurkan selama 2 bulan, yakni November dan Desember 2023, dengan nominal masing-masing Rp200.000 per bulan.

Adapun calon penerima BLT diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, yakni mereka yang terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan (PKH).

BACA JUGA:Sudah Cek Rekening KIP? Bansos PIP Kemdikbud Cair Lagi Hari Ini, Penerima Dapat Bantuan Pendidikan RP1 Juta

Berikut syarat penerima bansos El Nino:

1. Warga negara Indonesia (WNI)

2. Memiliki KK dan KTP yang masih berlaku dan sah dari Dukcapil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: