Bupati: 40 Persen APBDP Seluma Siap Digelontorkan untuk Sukseskan Pilkada 2024

Bupati: 40 Persen APBDP Seluma Siap Digelontorkan untuk Sukseskan Pilkada 2024

Bupati Kabupaten Seluma, Erwin Octavian.--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Setelah di sepakati bersama TAPD terkait anggaran dana hibah untuk KPU dan Bawaslu Seluma sebesar Rp 35 miliar yang akan digelontorkan untuk Pilkada 2024, saat ini tinggal menunggu penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sedang disusun.

Bupati Seluma Erwin Octavian, SE., mengatakan, dirinya sudah memastikan  anggaran 40 persen dari APBDP (APBD Perubahan) akan digelontorkan untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Pemprov Sebut Pemkot Bengkulu Belum Alokasikan Anggaran Hibah Pilkada 2024

"Untuk anggarannya sudah siap, tinggal penandatanganan NPHD nya saja dan kita pastikan tidak ada kendala," kata Bupati, Senin 6 November 2023.

Lanjut Bupati, sesuai SE Mendagri,  penandatanganan NPHD Pendanaan Pemilu/Pilkada tahun 2024 dilakukan paling lambat tanggal 10 November 2024 dan pemerintah daerah harus mencairkan dana hibah tersebut selambatnya 14 hari kerja setelah NPHD diteken.

Jika lewat dari itu, maka akan diambil alih oleh Kemendagri.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu, KPU dan Bawaslu Tandatangani Dana Hibah Pilkada 2024, Segini Besarannya

"Saya sudah memintan pihak Bidang Hukum agar cepat menyelesaikannya," sambung Bupati.

Sementara itu, Hendri Arianda, Ketua KPU Seluma mengatakan bahwa sebelum penandatanganan naskah hibah, terlebih dahulu KPU akan menjalin kerjasama dengan Bank karena nantinya nomor rekening pencairan dana ini akan tertuang dalam NPHD.

BACA JUGA:Rancangan APBD Provinsi Bengkulu 2024 Disepakati Sebesar Rp 3,122 Triliun

"Kita masih mengkaji secara detail bank apa yang dijadikan mitra dari KPU seluma ini, termasuk keuntungan bagi kpu sendiri,”sampainya.

(*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: