10 November Memperingati Hari Akuntansi Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini

10 November Memperingati Hari Akuntansi Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini

10 November Memperingati Hari Akuntansi Sedunia, Cek Daftar Peringatan Lain yang Jatuh Pada Tanggal Ini.--(Sumber Foto: Tria/BETV)

Tradisi imunisasi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Pada awal abad ke-11, para biksu Buddha di Tiongkok biasa meminum bisa ular untuk mendapatkan kekebalan terhadap gigitan ular dan juga mengolesi kulit mereka dengan virus cacar sapi untuk mendapatkan kekebalan terhadap cacar.

Edward Jenner dianggap sebagai pendiri vaksinologi. Pada tahun 1796, ia menginokulasi seorang anak laki-laki berusia 13 tahun dengan virus vaksinia (cacar sapi) dan menunjukkan cara mendapatkan kekebalan terhadap cacar.

BACA JUGA:5 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya, Ada Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Vaksin cacar pertama dikembangkan pada tahun 1796. Setelah itu, vaksinasi cacar digunakan secara luas di seluruh dunia sepanjang abad ke-18 dan ke-19.

Pada tahun 1897, dokter Louis Pasteur, mampu menginokulasi manusia dengan vaksin antraks yang tidak aktif. Hasilnya, vaksinasi kolera dikembangkan.

Saat ini vaksinasi sudah semakin berkembang dan menghasilkan penemuan dan inovasi yang cepat, seperti pengembangan vaksin polio, campak, gondongan, dan rubella.

Pada Hari Imunisasi Sedunia, sangat penting untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya mendapatkan vaksinasi.

BACA JUGA:4 November Memperingati Apa? Cek Daftar Lengkapnya, Ada Hari Akal Sehat hingga Hari Bison Nasional

3. Hari Keratoconus Sedunia

Hari Keratoconus Sedunia diperingati pada tanggal 10 November setiap tahunnya.

Peringatan ini merupakan inisiatif dari National Keratoconus Foundation dan merupakan bagian dari Gavin Herbert Eye Institute di UC Irvine.

Hari Keratoconus Sedunia diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan berbagi sumber daya tentang keratoconus.

Keratoconus, juga dikenal sebagai 'KC,' adalah kelainan mata non-inflamasi yang merusak kornea. Seseorang dengan KC mengalami perubahan pada kornea mereka, yang mengakibatkan kornea kehilangan bentuk bulat dan akhirnya menipis dan melemah.

Perubahan ini menyebabkan kornea melebar menjadi bentuk seperti kerucut, yang mengakibatkan hilangnya penglihatan secara signifikan.

BACA JUGA:3 November Memperingati Hari Kerohanian, Simak Daftar Peringatan Lain yang Jatuh pada Tanggal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: