KPU

Jangan Sampai Salah! Ini 4 Perbedaan Emas Putih dan Perak Lengkap dengan Ciri-Cirinya, Wajib Tahu Sebelum Beli

Jangan Sampai Salah! Ini 4 Perbedaan Emas Putih dan Perak Lengkap dengan Ciri-Cirinya, Wajib Tahu Sebelum Beli

Ilustrasi. Ciri, Persamaan, perbedaan antara emas putih dan perek.--(Sumber Foto: Web/Galeri24.co.id)

Tidak hanya itu, emas putih dan perak memiliki perbedaan lain dari segi daya pantul, harga, ketahanan, dan bentuk logam. Untuk penjelasan lebih rinci berikut perbedaan dari emas putih dan perak:

BACA JUGA:Berikut 5 Cara Merawat Emas Agar Tetap Cantik dan Berkilau, Salah Satunya Cukup Cuci dengan Bahan Dapur Ini

1. Daya Pantul

Perbedaan pertama antara emas putih dan perak adalah dari segi daya pantul. Kilau yang lebih terang dan berwarna putih yang dimiliki emas membuat tampak lebih mencolok jika dibandingkan dengan perak. Pada saat emas putih terkena sinar maka pantulan cahaya itu akan cukup menyilaukan

Hal tersebut karena emas putih memiliki daya pantul lebih kuat dari perak yang cenderung memiliki pantulan jauh lebih redup. Perbedaan-perbedaan emas putih dan perak ini akan terlihat saat keduanya ditempatkan berdampingan.

BACA JUGA:Harga Buyback Emas Batangan Galeri24 Menciut Rp10.000 Ribu per Gram Pada Perdagangan Kamis 8 November 2023

2. Harga

Jika dilihat dari segi harga, emas putih dan perak jelas sangat berbeda. Bukan rahsia lagi bahwa harga emas jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan perak.

Untuk kamu yang ditawarkan emas putih dengan harga di bawah pasaran harus hati-hati dan pastikan dengan teliti, karena bisa jadi adalah logam lain yang harganya lebih murah dari emas putih seperti perak misalnya. 

Perlu diingat bahwa harga logam mulia selalu berfluktuasi dan dapat berubah setiap saat. Namun, sebagai panduan, emas putih biasanya memiliki harga lebih rendah daripada emas kuning, tetapi jauh lebih tinggi dari perak.

BACA JUGA:Turun Tajam! Harga Buyback Emas UBS Hari Kamis 9 November 2023 Cuma Dibanderol Rp486.000 Ribu, Intip di Sini

3. Ketahanan Logam

Perbedaan emas putih selanjutnya dapat dilihat dari segi ketahanannya. Terdapat campuran logam lain di dalam emas putih menjadikannya kuat dan awet. Meskipun memiliki campuran logam lain tidak menjadikan perak lebih tinggi daripada emas putih.

Selain itu, emas putih maupun perak sama-sama terbuat dari logam yang berkualitas dan memiliki ketahanan yang baik jika dirawat. Namun, tetap saja emas putih tidak mudah berubah warna jika dibandingkan dengan perak. Hal ini menjadikan emas putih dapat dimanfaatkan sebagai instrumen investasi yang lebih menguntungkan daripada perak.

BACA JUGA:Penting! Ini 4 Resiko Investasi Emas yang Wajib Diketahui oleh Investor Pemula, Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: