dempo

Punya Emas yang Menghitam? Jangan Sedih, Gunakan 3 Bahan Dapur Ini untuk Membersihkannya, Auto Kinclong Lagi!

Punya Emas yang Menghitam? Jangan Sedih, Gunakan 3 Bahan Dapur Ini untuk Membersihkannya, Auto Kinclong Lagi!

Ilustrasi. Cara membersihkan emas yang menghitam.--(Sumber Foto: Web/Galeri24.co.id)

BACA JUGA:Yuk Pahami Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Putih Sebelum Beli, Investor Wajib Tahu!

Namun, lebih efektif bila bahan ini dicampurkan dengan air. Diketahui cara membersihkan emas yang menghitam menggunakan soda kue dapat dilakukan dengan dua metode. Pertama dengan cara mencampurkan soda kue dengan air hingga berbentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada emas dan diamkan selama 5 menit. Kemudian, bilas sampai bersih dengan air mengalir. Terakhir, kamu harus mengeringkan emas menggunakan lap yang berbulu halus agar tidak merusak permukaan emas.

BACA JUGA:Yuk Pahami! Ini 3 Perbedaan antara Emas Kuning dan Perak, Lebih Mahal Mana? Temukan Jawabannya di Sini

Di sisi lain, membersihkan emas yang menghitam juga dapat menggunakan air panas dan aluminium foil. Caranya, lapisi satu mangkuk ukuran sedang yang berisi air panas dengan aluminium foil.

Setelah itu, campurkan satu sendok teh soda kue ke dalamnya dan rendam perhiasan sekitar 3-5 menit. Terakhir, bilas dengan air mengalir, lalu keringkan menggunakan kain lap bersih dan lembut.

BACA JUGA:Sama-sama Cantik! Ini Kelebihan Maupun Kelemahan Emas Kuning dan Putih yang Kamu Harus Tahu, Yuk Intip di Sini

3. Menggunakan Garam

Selain mengunakan sabun cair dan soda kue, membersihkan emas yang menghitam juga bisa menggunakan garam loh. Hal tersebut karena terdapat sifat abrasif dalam kandungan garam yang dipercaya ampuh mengangkat kotoran atau noda pada emas.

Caranya sangat mudah dan tidak ribet, kamu hanya perlu merendam emas di dalam air panas yang sebelumnya sudah ditambahkan sejemput garam.

Setelah itu, masukkan perhiasan emas ke dalam larutan air dan diamkan selama 3-5 menit. Kemudian, angkat dan keringkan dengan kain lap. 

Itulah 3 cara membersihkan emas yang menghitam atau memudar. Selain itu, kamu bisa merawat kilau emas milikmu agar tidak sampai menghitam dengan cara berikut ini:

BACA JUGA:Selain Digigit, Emas Putih yang Asli dan Palsu dapat Dibedakan Dengan Cara Berikut Ini, Sudah Buktikan?

Cara Merawat Emas agar Tidak Menghitam

  • Jangan pakai emas saat melakukan kegiatan yang mengeluarkan banyak keringat, karena keringat dapat membuat emas kotor. Di sisi lain, jika kotoran menumpuk pada emas maka kilau pada emas akan tertutup oleh kotoran tersebut.
  • Jangan pakai emas saat sedang berias atau makeup. Hal ini karena bahan dari riasan tersebut dapat membuat noda pada emas sehingga mengalami perubahan warna.

BACA JUGA:Berikut 5 Perbedaan antara Emas Putih dan Kuning yang Harus Diketahui, Lebih Kuat Mana? Yuk Cari Tahu di Sini

  • Lepaskan perhiasan emas saat sedang memasak atau membersihkan dapur agar tidak terkena bahan makanan, minyak, dan kotoran lainnya
  • Lepaskan perhiasan emas ketika ingin berenang karena air kolam renang mengandung zat klorin yang dapat merusak emas
  • Simpan emas di tempat yang aman dari goresan dan benturan, jika terpaksa harus menyimpannya dalam tas atau dompet, lapisi emas dengan tisu atau kain terlebih dahulu
  • Bersihkan emas dengan rutin menggunakan kain lap yang lembut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: