dempo

Punya Emas yang Menghitam? Jangan Sedih, Gunakan 3 Bahan Dapur Ini untuk Membersihkannya, Auto Kinclong Lagi!

Punya Emas yang Menghitam? Jangan Sedih, Gunakan 3 Bahan Dapur Ini untuk Membersihkannya, Auto Kinclong Lagi!

Ilustrasi. Cara membersihkan emas yang menghitam.--(Sumber Foto: Web/Galeri24.co.id)

BETVNEWS - Selain memudar dan menguning, warna emas juga bisa bisa menghitam loh. Namun jangan khwatir, kamu bisa mengembalikan warna emas seperti baru lagi menggunakan 3 bahan dapur ini.

Selain menggunakan jasa tukan emas, kamu biasa mengembalikan kilau pada emas yang menghitam hanya dengan menggunakan bahan dapur yang ada di rumah. Perlu diketahui, pemakaian emas terus menerus menjadi salah satu faktor dari perubahan warna pada logam mulia tersebut.

BACA JUGA:5 cara Merawat Emas Putih agar Tidak Cepat Pudar dan Menguning, Salah Satunya Hindari Aktivitas Ini

Melansir dari ocbc.id, membersihkan warna emas yang menghitam dapat menggunakan cara di bawah ini:

1. Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara mengembalikan emas yang menghitam dapat menggunakan sabun cuci piring. Memiliki tekstur yang cair dan lembut menjadikan sabun pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai pembersih emas yang menghitam. 

Direkomendasikan menggunakan campuran air hangat agar kotoran terangkat lebih maksimal. Selain itu, penggunaan sabun dan air hangat untuk membersihkan emas meminimalisir resiko kerusakan atau membuatnya keropos.

BACA JUGA:Auto Berkilau! Sabun Cair Ternyata Bisa Mengembalikan Warna Emas Putih yang Menguning, Begini Caranya

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan sabun cair ke dalam air hangat. Setelah itu, masukkan dan rendam emas selama 10-15 menit sebelum kemudian diangkat dan disikat menggunakan gosok gigi atau apapun yang memiliki bulu halus. Hal ini, dilakukan untuk membantu mengangkat sisa kotoran dari perendaman emas sebelumnya.

Setelah dirasa cukup, kamu dapat membilasnya menggunakan air dan mengeringkan dengan kain lap bersih. Tunggu hingga emas benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali ke dalam kotak perhiasan.

BACA JUGA:Berikut Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas Putih, Pakai 2 Tips Ini Kalau Mau Untung, Cari Tahu di Sini!

2. Menggunakan Soda Kue

Membersihkan emas yang menghitam selanjutnya bisa menggunakan soda kue. Cara ini dipercaya efektif untuk mengangkat kotoran yang menempel pada emas yang menghitam atau menguning. 

Soda kue memiliki sifat alkali yang dapat menghilangkan noda dan kotoran serta minyak dengan cepat. Selain itu, penggunaan soda kue tanpa dilarutkan terlebih dahulu juga dipercaya ampuh mengangkat noda membandel yang menempel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: