Terima Penghargaan dari Kemenkumham Atas Kepedulian Terhadap Budaya, Ternyata Ini yang Dilakukan Jonaidi

Terima Penghargaan dari Kemenkumham Atas Kepedulian Terhadap Budaya, Ternyata Ini yang Dilakukan Jonaidi

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP,. MM dalam upacara HUT Provinsi Bengkulu ke 55, menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, sebagai penghargaan dalam Pencatatan Inventarisasi KIK Ekspresi Intelektual Budaya Tradisional.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP,. MM dalam upacara HUT Provinsi Bengkulu ke 55, menerima penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM, sebagai penghargaan dalam Pencatatan Inventarisasi KIK Ekspresi Intelektual Budaya Tradisional.

Pemberian penghargaan tersebut tentu bukan tanpa alasan, Wakil Rakyat yang berasal dari Kabupaten Seluma ini, ternyata telah membuktikan kepedulian terhadap Kebudayaan yang ada di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Politisi Muda Ukir Prestasi di Bidang Kebudayaan, Bawa Harum Kabupaten Seluma

Salah satunya, Jonaidi, SP, dengan bekerjasama bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, melaksanakan dan menginisiasi kegiatan Pencak Serawai di Kabupaten Seluma.

Pencak Serawai ini memang merupakan salah satu kebudayaan asli dari suku Serawai, yang pada akhir-akhir ini sudah mulai terlupakan karena semakin canggihnya dunia dan mengakibatkan anak-anak muda mulai lupa akan adat dan kebudayaan.

BACA JUGA:Turun ke Sawah Bersama Masyarakat, Jonaidi Tegaskan Petani Kekuatan Utama Bangsa

Atas dasar itulah kemudian Jonaidi, SP, berinisiatif untuk menggelar dan menginisiasi kegiatan Festival Pencak Serawai yang dilaksanakan pertama kali di Kecamatan Sukaraja.

"Budaya merupakan salah satu elemen yang tidak bisa terpisahkan dari Kemerdekaan Indonesia, merdeka bukan hanya tentang mengusir para penjajah, namun juga bagaimana kita memberikan tempat yang luas bagi kebudayaan," sampai Jonaidi, SP.

BACA JUGA:Terima Laporan Masyarakat Terindikasi DBD di Pajar Bulan, Jonaidi, SP Langsung Koordinasi ke Dinkes Provinsi

Tidak hanya itu saja, Jonaidi, SP juga melaksanakan sejumlah kegiatan yang bertajuk Kebudayaan yang ada di Provinsi Bengkulu, salah satunya pelaksanaan Festival Jaranan di Kabupaten Seluma.

"Kenapa Jaranan juga saya laksanakan, karena kita ini negara majemuk banyak sekali adat dan kebudayaan dari berbagai suku, sehingga ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan," tegasnya.

BACA JUGA:Jonaidi Siap Dorong Pemerintah Untuk Terus Alokasikan Anggaran Untuk Bantuan Kelompok Tani

Lanjutnya, bahwa dalam waktu dekat ini akan kembali digelar kegiatan Pencak Serawai II, yang merupakan agenda selanjutnya untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat di Kabupaten Seluma, untuk mempertahankan dan melestarikan budaya tersebut.

"Festival Pencak Serawai II sedang kita siapkan, tanggal 21 November akan dilaksanakan di Kecamatan Semidang Alas Maras," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: