Sepanjang 2023, 28 Operasi Penyelamatan dan Pencarian Dilakukan BASARNAS

Sepanjang 2023, 28 Operasi Penyelamatan dan Pencarian Dilakukan BASARNAS

Posisi geografis Provinsi Bengkulu pada umumnya dan Kota Bengkulu pada khususnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berada pada patahan sumatera menyebabkan sering terjadinya gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami.--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Posisi geografis Provinsi BENGKULU pada umumnya dan Kota BENGKULU pada khususnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan berada pada patahan sumatera menyebabkan sering terjadinya gempa bumi yang berpotensi menimbulkan tsunami.

BACA JUGA:855 Pasangan di Kaur Menikah Sepanjang 2023

Maka, secara umum dikategorikan sebagai wilayah rawan bencana alam.

Sejak bulan Januari hingga Desember 2023. Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bengkulu telah melakukan 28 kali operasi pencairan dan penyelamatan atau Search and Recue (SAR) dengan rincian: operasi kecelakan kapal 6 kali, operasi bencana alam 2 kali, operasi kecelakaan penanganan khusus 1 kali, dan operasi kondisi membahayakan manusia 19 kali.

BACA JUGA:Puluhan Warga Bengkulu Tengah Lipat Surat Suara DPR RI, Per Lembar Upahnya Rp330

Sementara itu, untuk rincian korban dari 28 kali kejadian dan operasi SAR yang telah dilakukan BASARNAS Bengkulu yaitu, korban selamat sebanyak 43 orang, meninggal dunia sebanyak 4 orang, dan korban dinyatakan hilang sebanyak 21 orang.

BACA JUGA:Angka Perceraian di Seluma Capai 381 Kasus, Terbanyak Diajukan Istri

Menghadapi potensi dan siaga bencana di 2024 kepala kantor BASARNAS Bengkulu, Muslikun Sodik, menjelaskan fasilitas dan SDM mumpuni yang telah dimiliki saat ini.

"SDM dan peralatan yang mumpuni merupakan suatu keniscayaan guna mengadapi potensi dan siaga bencana ditahun 2024,"jelasnya kepada BETVNEWS Jumat 5 Januari 2024.

BACA JUGA:KPU Seluma Upah Petugas Lipat Surat Suara Pemilu, Rp300 per Lembarnya

Kantor Badan SAR Nasional (BASARNAS) Bengkulu telah memiliki 3 pos SAR yang berada di Kabupaten Muko-muko, Pulau Enggano, dan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk Sumber Daya Manusia (SDM) BASARNAS Bengkulu memiliki petugas SAR khusus sebanyak 68 orang.

BACA JUGA:Ciptakan Pemilu Damai, Polres Kaur Gelar Diskusi Antar Umat Beragama

Lalu juga ada 267 personel potensi SAR terlatih yang tersebar di wilayah kantor SAR Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: