13 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Penyiaran Radio Publik

13 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Penyiaran Radio Publik

Tahun ini, 13 Januari 2024 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini memperingati Hari Penyiaran Radio Publik.--(Sumber Foto: Pexels)

BETVNEWS - Hampir semua tanggal memilki perayaan yang diperingati setiap tahunnya, termasuk pada 13 Januari. Lantas tanggal ini memperingati hari apa?

Tahun ini, 13 Januari 2024 jatuh pada hari Sabtu. Tanggal ini memperingati Hari Penyiaran Radio Publik.

Peringatan ini diadakan untuk menghormati lahirnya siaran radio.

Selain itu ada beberapa peringatan lain yang ada di tanggal ini.

BACA JUGA:12 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Kerja Keras

Berikut daftar peringatan yang jatuh pada tanggal 13 Januari:

1. Hari Penyiaran Radio Publik

Tanggal 13 Januari diperingati sebagai Hari Penyiaran Radio Publik setiap tahunnya. Meskipun tidak diketahui secara pasti asal muasal peringatan ini, namun perayaan ini diadakan untuk menghormati lahirnya siaran radio.

Penemu dan insinyur listrik Italia Guglielmo Marconi membuktikan kemungkinan komunikasi radio ketika ia mengirim dan menerima transmisi radio pertamanya pada tahun 1895.

Namun suara pertama berupa sinyal suara dan musik terdengar melalui radio pada bulan Desember 1906, ketika peneliti Kanada Reginald Fessenden memproduksi sekitar satu jam musik dan percakapan untuk siapa saja yang mungkin mendengarkan, dari Brant Rock, Massachusetts.

BACA JUGA:11 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Terima Kasih Internasional

Kemudian, pada tahun 1910 di New York City, sebuah opera live yang menampilkan beberapa penyanyi opera paling terkenal pada masa itu disiarkan dari Metropolitan Opera House. Ini menjadi siaran radio publik pertama di dunia.

Sekitar tahun 1945, dengan ditemukannya televisi, radio dan pengaruhnya berubah. Pada abad ke-21, siaran radio menghadapi tekanan persaingan dari layanan satelit digital dan berbasis internet, namun siaran radio tampaknya masih bisa bertahan dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pendengar.

BACA JUGA:10 Januari Memperingati Hari Apa? Cek Daftarnya Disini, Ada Hari Gerakan Seribu Pohon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: