Jangan Sampai Tidak Tahu! 6 Keistimewaan Yang Ada di Bulan Rajab, Salah Satunya Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Jangan Sampai Tidak Tahu! 6 Keistimewaan Yang Ada di Bulan Rajab, Salah Satunya Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Jangan sampai tidak tahu! 6 keistimewaan yang ada di Bulan Rajab, salah satunya waktu mustajab untuk berdoa--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Bulan rajab merupakan bulan mulia dalam agama Islam dan memiliki banyak keutamaan sehingga umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan saat bulan ini. 

BACA JUGA:Puasa Menjadi Salah Satu Amalan di Bulan Rajab, Ini Ketentuan hingga Keutamaannya!

Bulan rajab ini pada tahun 2024 jatuh di hari Sabtu, 13 Januari dalam kalender masehi dan berakhir pada 29 rajab atau pada 10 Februari 2024. Bulan ini memiliki banyak keistimewaan.

Pada bulan rajab, umat muslim biasanya melakukan puasa rajab, yaitu puasa sunnah yang dimaksudkan untuk memperoleh pahala.

BACA JUGA:Memasuki Bulan Rajab, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan untuk Menuai Ampunan serta Kemuliaan

Lantas saja keistimewaan bulan rajab bagi umat muslim? Simak informasinya dalam artikel berikut.

Keistimewaan Bulan Rajab

1. Penghapus Dosa

Seperti yang dikutip dari laman detik.com, sejalan dengan penjelasan dari buku 'Buku Harian Orang Islam: Agenda Syar'i Muslim/Muslimah Teladan Sepanjang Tahun' oleh Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid. sebuah riwayat yang diceritakan Ibnu Abbas menyebut:

"Puasa di awal bulan Rajab dapat menghapus dosa (kafarat) selama 3 tahun, di hari kedua menjadi kafarat selama 2 tahun, di hari ketiga menjadi kafarat selama 1 tahun, kemudian di setiap hari sesudah itu menjadi kafarat selama 1 bulan" (HR. Abu Muhammad al-Khalali).

BACA JUGA:Amalan Doa Agar Rezeki Lancar dan Berkah, Insya Allah Langsung Diijabah, Yuk Amalkan!

Oleh sebab itu, dengan berpuasa di bulan rajab dapat menghapuskan dosa-dosa yang telah diperbuat.

2. Mustajab Untuk Berdoa

Malam satu rajab merupakan malam yang mustajab bagi seorang muslim untuk berdoa. Seperti yang dikatakan oleh Imam Syafi'i dalam kitab Al-Umm. Dijelaskan bahwa:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: