Cek 5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Melancarkan Pencernaan, Ini Kandungannya!

Cek 5 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan, Dipercaya Dapat Melancarkan Pencernaan, Ini Kandungannya!

Ilustrasi. Manfaat dan kandungan buah kedondong bagi kesehatan tubuh.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Memiliki kandungan serat pangan, membuah buah kedondong dapat melancarkan pencernaan. Buah ini juga bisa memadatkan tinja, untuk itu sembelit dapat dicegah dan diatasi.

Bukan hanya itu, kandungan seperti antioksidan, serat, hingga berbagai vitamin dan mineral dalam buah kedondong bisa mencegah dari sejumlah gangguan pencernaan seperti wasir dan divertikulitis.

BACA JUGA:Penderita Penyakit Berikut Wajib Baca! Inilah 5 Manfaat Biji Buah Mahoni untuk Kesehatan, Apa aja?

2. Ampuh menjaga kesehatan mata

Manfaat dari buah ini diketahui dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini disebabkan adanya kandungan beta-karoten yang ada di dalam buah kedondong.

Pasalnya beta-karoten bisa membantu untuk mengurangi stres oksidatif yang muncul pada mata dari cahaya alat elektronik. Kandungan tersebut juga nantinya bisa diubah menjadi vitamin A oleh tubuh.

BACA JUGA:Ampuh Meredakan Flu, Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini! Kesehatanmu Dijamin Pulih

Diketahui vitamin A ini bisa mempertajam kemampuan dalam melihat di kegelapan. Inilah alasan mengapa kedondong sering kali digunakan sebagai obat tradisional.

3. Dapat menjadi obat batuk

Manfaat lain dari buah kedondong ini adalah bisa membantu untuk mengobati batuk. Sebab sifat antimikroba yang ada dalam buah tersebutlah bisa mempengaruhi.

Caranya mudah, dengan menyiapkan 2 atau 3 potong buah, lalu diparut dan airnya di peras. Kemudian ditambah garam secukupnya sebelum dikonsumsi. Cukup tiga kali sehari saja untuk dapat meredakan batuk.

BACA JUGA:Tidak Hanya Menghangatkan, Ini 6 Manfaat Teh Jahe untuk Kesehatan, Dipercaya Ampuh Mencegah Penuaan Dini

4. Mampu menjaga kesehatan kulit

Buah kedondong diketahui pula bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit. Sebagaimana banyaknya paparan radikal bebas dari sinar matahari, asap rokok hingga polusi bisa sebabkan kulit rusak.

Dengan kandungan aktioksidan dalam buah ini, dapat membantu mencegah adanya risiko kerusakan sel bagi kulit. Tak hanya itu, vitamin C dalam kedondong juga bisa berperan dalam menjaga kekuatan serta kelenturan alami kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: