Kementerian ESDM RI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi IPTL di Provinsi Bengkulu

Kementerian ESDM RI Gelar Pelatihan dan Sertifikasi IPTL di Provinsi Bengkulu

Kementerian ESDM RI gelar pelatihan dan sertifikasi IPTL kepada 25 peserta di Provinsi Bengkulu--(Sumber Foto: Robi/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI  melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (PPSDM KEBTKE) bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi BENGKULU, menggelar pelatihan teknis dan sertifikasi pembangunan dan pemasangan Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik (IPTL) Tegangan Rendah (TR) bagi pelaksana madya, Senin 22 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dipusatkan di ruang pelatihan SMKN 2 Kota Bengkulu, diikuti sebanyak 25 peserta.

BACA JUGA:Forum PTT Minta Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu Perjuangkan Formasi PPPK dan CPNS

Ellin Linyasari, Koordinator Penyelengara Pengembangan Sumber Daya Manusia m Kementerian ESDM menjelaskan bahwa pihaknya mengakomodir kegiatan ini agar para tenaga teknis kelistrikan lulusan SMK atau yang ingin menambah referensi bekerja di perusahaan bisa mendapatkan sertifikat komptensi.

BACA JUGA:Efektif Bikin Wajah Awet Muda, Berikut 7 Urutan Pakai Skincare Malam yang Benar, Jangan Sampai Salah!

"Pelatihannya dilaksanakan selama tiga hari, dan dilanjutkan dengan sertifikasi  kompetensi juga selama 3 hari, pelatihan ini tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis," jelasnya.

Adapun bentuk materi yang diberikan selama pelatihan terkait dengan regulasi tenaga listrikan, keselamatan ketenagalistrikan,  teori dasar listrik, dan materi khusus untuk instalasi ketenagalistrikan tegangan rendah.

BACA JUGA:Tokoh Presidium Seluma Ajak Masyarakat Ikut Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Disisi lain, Harizan Suhardi, Kabid energi dan ketenagalistrikan Dinas ESDM Provinsi Bengkulu menjelaskan bahwq pelatiha diikuti oleh masyarakat umum, instaler listrik, maupun alumni SMK jurusan kelistrikan.

Dirinya juga mengimbau dan berharap kepada para peserta agar memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan sebaik-baiknya karena pelatihan ini tidak dipungut biaya dan cuma diadakan sekali dalam satu tahun.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Seluma Usulkan 100 Ribu Bibit Ikan Bawal dan Kakap di 2024

"Harapannya karena ini baru pertama kali diadakan di Provinsi Bengkulu, semoga tahun -tahun berikutnya bisa diadakan lagi, kami dari Dinas  ESDM Provinsi selalu siap mensuport peserta dan panitia dari PPSDM yang untuk teknis pelatihannya," pungkas Harizan.

(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: