Namanya Qais bin Shirmah, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan saat Puasa, Cek Kisahnya di Sini

Namanya Qais bin Shirmah, Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Pingsan saat Puasa, Cek Kisahnya di Sini

Ilustrasi. Kisah sahabat Nabi Muhammad SAW yang pingsan saat puasa.--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Terdapat kisah dari salah satu seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang diketahui pingsan saat puasa. Cerita ini cukup menarik sehingga turun pula surah yang menjelaskan tentang kejadian tersebut, simak lengkapnya di sini.

Sahabat nabi tersebut bernama Qais bin Shirmah dan dari kisahnya kita mengetahui ketepatan tentang puasa. Cerita ini dikenal dengan ia yang pingsan saat dalam keadaan puasa, patut untuk dijadikan teladan khususnya bagi umat Islam.

BACA JUGA:Mengenal Assabiqunal Awwalun, Apa Itu? 5 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Termasuk

Pada masa itu puasa belum memiliki ketetapan yang jelas, sehingga ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang berpuasa tidak sempat bersahur sehingga menahan diri dan akhirnya pingsan.

Hal ini bisa terjadi karena saat itu masih belum diketahui waktu yang tepat untuk berbuka dan kapan bersahur.

Kisah ini dialami oleh sahabat Nabi Muhammad SAW bernama Qais bin Shirmah Al-Anshari. Ia berasal dari golongan Anshar yang taat menjalani perintah dari Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Masya Allah, 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW Ini Dijamin Masuk Surga, Siapa Saja?

Saat itu di bulan Ramadan, suhu udara di Madinah sangat panas. Sampai-sampai, terik matahari seakan menyengat tubuh.

Setelah selesai bekerja pada saat berbuka puasa, Qais kembali ke rumah dan bertanya kepada istrinya, "apakah kita punya makanan?"

Istrinya yang tidak berpuasa karena sedang haid, dengan sedih menjawab Qais bahwa tidak ada makanan di rumah. Merasa tidak tega melihat suaminya, dia berkata, "Tunggu sebentar, aku akan mencarikan makanan untukmu"

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Abu Dzar si Paling Miskin tapi Hidup Bahagia, Bikin Kagum Ternyata Karena Ini Masuk Islam!

Sang istri kemudian pergi mencari makanan untuk Qais, sementara ia yang telah bekerja seharian merasa lelah. Lantas berbaring di suatu tempat hingga tertidur pulas. 

Ketika sang istri kembali dengan membawa makanan, dia merasa tidak tega membangunkan suaminya yang sedang tidur karena seharian bekerja.

Qais pun akhirnya tidur sepanjang malam tanpa berbuka puasa. Meski begitu, Qais tetap berpuasa keesokan harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: