Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi. Tips hidup sehat untuk penderita diabetes--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BACA JUGA:3 Resep Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes, Dijamin Aman dan Sehat

5. Beristirahat dengan Cukup

Beristirahat dengan cukup dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatannya, termasuk bagi mereka yang mengalami diabetes. 

Hal ini karena kurang tidur dapat menyebabkan proses pelepasan hormon insulin menjadi terganggu dan di saat bersamaan dapat berpengaruh pada menurunnya kualitas hidup penderita.

BACA JUGA:Turunkan Gula Darah dengan Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini, Insya Allah Jauh Dari Diabetes

Oleh sebab itu, penting untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setidaknya selama 7–9 jam setiap malam. 

Selain dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, tidur yang cukup juga dapat memberi cukup energi untuk beraktivitas, dan menghindari stres sehingga gula darah dapat terkendali. 

BACA JUGA:Beras Fukumi Atasi Penyakit Mematikan, Mulai dari Diabetes hingga Penyakit Jantung, Cek Disini Manfaat Lainnya

6. Menjalani Pengobatan dan Rutin Mengecek Gula Darah

Jika penderita diabetes telah menjalani pengobatan dan telah mendapatkan obat-obatan yang haus dikonsumsi, sebaiknya selalu ikuti anjuran dokter agar gula darah dapat terkontrol. 

Selain itu, sebaiknya pengecekan kadar gula darah juga dilakukan secara rutin untuk dapat mengetahui reaksi tubuh terhadap makanan tertentu.

Biasanya penderita diabetes dapat melakukan pemantauan kadar gula darah secara mandiri menggunakan alat pengukur kadar gula darah atau mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

BACA JUGA:Deteksi Dini Sebelum Terlambat, Kenali Gejala-gejala Awal Diabetes Berikut

Demikian tips hidup sehat untuk penderita diabetes yang dapat diterapkan mulai dari sekarang. Yuk jalani hidup sehat! Semoga informasi ini membantu.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: