Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Harus Terkontrol! Berikut Sederet Tips Hidup Sehat Untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi. Tips hidup sehat untuk penderita diabetes--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BACA JUGA:Rutin Minum Mulai Sekarang! Ini 9 Manfaat Air Lemon untuk Kesehatan, Cegah Diabetes hingga Kanker

2. Aktif Bergerak

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes juga sebaiknya tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga agar gula darah dapat terkontrol secara alami. 

Dengan berolahraga, sel-sel otot dapat menyerap lebih banyak glukosa dan menjadikannya sumber energi sehingga kadar gula darah akan berkuang dan sel tubuh juga menjadi semakin responsif terhadap hormon insulin. 

BACA JUGA:Baik untuk Penderita Diabetes! Berikut 10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan, Punya Kandungan Vitamin Berikut

Mereka yang mengidap diabetes disarankan untuk berolahraga setidaknya 150 menit perminggu dan dilakukan dengan rutin setiap hari. 

Meski demikian, sebelum berolahraga, mereka juga perlu memeriksa kadar gula darahnya terlebih dahulu. Hal ini karena penderita diabetes tidak disarankan untuk berolahraga saat kadar gula darah mereka berada di antara 100-250 mg/dL. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Penderita Diabetes Bisa Konsumsi 6 Minuman Ini, Dijamin Aman dan Baik untuk Kesehatan

3. Kelola Stress

Penderita diabetes juga perlu mengelola stres mereka karena stres dapat mengakibatkan peningkatan gula darah. Hal ini terjadi karena tubuh melepaskan hormon kortisol atau hormon stres.

Selain itu, stres juga dapat memicu terjadinya stress eating (makan berlebih) yang dapat membawa dampak buruk bagi penderita diabetes. Oleh sebab itu mereka yang mengidap diabetes perlu mengelola stres dengan baik. 

BACA JUGA:Tanam Sekarang! 10 Tumbuhan Herbal Ini Bisa Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit, Mulai dari Mual hingga Diabetes

4. Hentikan Konsumsi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan hal yang tidak sehat terutama untuk mereka yang mengidap diabetes. Hal ini karena rokok dapat meningkatkan berbagai risiko komplikasi, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, penyakit ginjal, serta kerusakan saraf.

Sementara alkohol dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi terlalu rendah atau terlalu tinggi apabila dikonsumsi berlebihan oleh penderita diabetes. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: