Jangan Berlebihan! Inilah Efek Samping yang Akan Kamu Rasakan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kacang Kedelai

Jangan Berlebihan! Inilah  Efek Samping yang Akan Kamu Rasakan Jika Terlalu Banyak Konsumsi Kacang Kedelai

Hati-hati jangan berlebihan! Inilah sederet efek samping yang akan kamu rasakan jika terlalu banyak konsumsi kacang kedelai--(Sumber Foto : iStockPhoto)

2. Mempengaruhi Hormon

Kacang kedelai juga dapat mempengaruhi hormon tubuh karena kandungan fitoestrogen yang ada di dalamnya. Kandungan ini dapat berpengaruh pada hormon pria apabila dikonsumsi secara berlebihan. 

Pria yang terlalu banyak mengonsumsi kacang kedelai ini dalam kebanyakan kasus cenderung memiliki konsentrasi sperma yang lebih rendah, namun masih normal.

BACA JUGA:Praktis dan Lezat, Yuk Cobain 4 Resep Olahan Masakan Berbahan Dasar Kacang Kedelai Ini!

Pada wanita, kacang kedelai dapat meningkatkan panjang siklus menstruasi dan menurunkan kadar hormon FSH sehingga apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak negatif pada wanita. 

Untuk itu pastikan untuk tetap mengonsumsi kacang kedelai dalam batas wajar yaitu tidak lebih dari 60 gram per hari. 

BACA JUGA:Hormon Endorfin Ini Meningkatkan Suasana Hati, Simak Cara Memicu dan Fungsinya

3. Mempengaruhi Pencernaan

Kacang kedelai memang memiliki manfaat untuk pencernaan. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan salah satu senyawa yang ada di dalam kacang kedelai dapat berpengaruh negatif terhadap sistem pencernaan. 

Senyawa tersebut seperti senyawa aglutinin yang dapat mempengaruhi fungsi struktur dan penghalang usus. Selain itu kacang kedelai juga mengandung antinutrien lain, termasuk inhibitor trypsin, faktor penghambat α-amilase, fitat, dan banyak lagi. 

BACA JUGA:8 Manfaat Buah dan Sayur untuk Kesehatan, Efektif Meningkatkan Daya Ingat hingga Melancarkan Pencernaan

Efek dari nutrien ini sendiri sebenarnya dapat dihindari dengan pengolahan kedelai yang tepat untuk membantu mengurangi kandungan antinutrien dan meningkatkan daya cerna.

4. Menyebabkan Alergi

Tidak hanya mempengaruhi sistem pencernaan, kacang kedelai juga dapat menyebabkan alergi pada sebagian orang. Alergi ini biasanya terjadi saat sistem kekebalan tubuh salah mengartikan protein yang ada di dalam kacang kedelai sebagai bahaya dan memunculkan antiobodi. 

BACA JUGA:Jangan Diabaikan, Segera Kenali Gejala Alergi Seafood dan Cara Mengatasinya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: