Selamat Menyambut Puasa Ramadan! Ini 4 Keutamaan Sahur yang Perlu Kamu Ketahui

Selamat Menyambut Puasa Ramadan! Ini 4 Keutamaan Sahur yang Perlu Kamu Ketahui

Ilustrasi. Ini keutamaan sahur saat puasa yang perlu kamu ketahui.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BACA JUGA:5 Tips Hidup Sehat di Bulan Puasa, Salah Satunya Minum Setidaknya 8 Gelas Air Mineral Ketika Berbuka dan Sahur

2. Sumber Energi

Keutamaan selanjutnya yakni sebagai sumber energi agar tidak kelaparan saat berpuasa. Diketahui ibadah puasa dilakukan saat terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Sehingga hampir sehari seseorang harus menahan lapar dan haus. Dengan begitu, diperlukan untuk makan sahur agar tubuh memiliki tenaga untuk melakukan berbagai aktivitas.

Meskipun begitu, menghindari kelelahan secara berlebihan sangat dianjurkan agar puasa berjalan dengan lancar. Keutamaan ini juga mempengaruhi agar mencegah sakit kepala, mual, atau tanda-tanda sakit lainnya.

BACA JUGA:6 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Asam Lambung, Salah Satunya Wajib Makan Sahur, Cek yang Lainnya di Sini

3. Dapat menghindari kelelahan

Keutamaan sahur lainnya yakni bisa terhindar dari kelelahan dan sakit kepala menjelang siang. Karena tubuh yang sedang puasa, tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas yang berat dan menyebabkan kelelahan berlebihan.

Jika kelelahan terjadi, hal ini hanya akan mendatangkan rasa haus dan lapar di waktu saat sedang berpuasa. Sehingga, setidaknya untuk mengatasi kelelahan tersebut kamu perlu untuk bersahur dan menghindari kelelahan berlebih.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Makan Sahur yang Perlu Kamu Ketahui, Salah Satunya Dapat Mencegah Dehidrasi

4. Dapat meningkatkan ibadah

Tidak hanya itu, dengan bersahur kamu dapat meningkatkan ibadah yakni dengan tidak meninggalkan salat Subuh. Sebagaimana dalam Islam, salat subuh adalah kewajiban yang harus dilaksanakan bagi seseorang yang sudah baligh.

Sebagaimana dalam sebuah hadits riwayat Abu Dawud menyebutkan bahwa, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Lebih baik menunaikan salat pada awal waktunya."

Dengan ini, waktu ibadah salat Subuhmu tidak akan terlewat, sebagaimana tidak sedikit orang kesiangan saat sudah waktunya subuh. Untuk menghindari kesiangan, kamu dapat juga menyetel alarm sesuai waktu yang ditentukan.

BACA JUGA:Kamu Perlu Tahu! Ini Hukum Puasa Tanpa Sahur Menurut Ustadz Adi Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: