Begini Cara Mengolah Tanaman Cepokak untuk Obat Tradisional, Salah Satunya Dibuat Minuman Teh

Begini Cara Mengolah Tanaman Cepokak untuk Obat Tradisional, Salah Satunya Dibuat Minuman Teh

Begini cara mengolah tanaman cepokak untuk obat tradisional, salah satnya dibuat minuman teh--(Sumber Foto: iStockPhoto)

BETVNEWS - Cara mengolah tanaman cepokak menjadi obat tradisional mudah untuk dilakukan sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja dari berbagai kalangan karena tidak memelukan cara yang rumit. 

BACA JUGA:Cegah Mata Minus hingga Atasi Katarak, Simak Kandungan Buah Cepokak Ini dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mata

Tanaman takokak ini biasa dikonsumsi buahnya sebagai lalapan di beberapa daerah di Indonesia, seperti di wilayah pasundan dimana orang-orangnya cenderung menyukai lalapan sayuran mentah. 

Beragam kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya seperti karbohidrat, protein, dan juga serat yang tinggi menjadikan buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

BACA JUGA:Atasi Asam Urat dan Mengobati Diabetes, Berikut Manfaat Buah Cepokak untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, tanaman ini juga seringkali digunakan untuk obat tradisional karena bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi masalah asam urat. 

Buah dari tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk mencegah dan juga mengatasi berbagai maslaah gangguan mata seperti masalah mata minus, olus, rabun, silindris hingga katarak. 

BACA JUGA:Jangan Hanya Jadi Lalapan, Coba Kreasikan Buah Cepokak dengan 3 Resep Masakan Ini, Dijamin Endul!

Cara mengolah tanaman ini juga mudah, kamu dapat memperoleh khasiatnya dengan dua cara di bawah ini. 

Cara Mengolah Tanaman Cepokak sebagai Obat Tradisional

1. Dikonsumsi Secara Langsung

Dengan cara ini, kamu bisa mengambil beberapa butir buah cepokak, sekitar 5-10 butir. Konsumsi buah ini setiap hari untuk memperoleh manfaatnya. 

BACA JUGA:Buah Cepokak Bisa Sembuhkan Mata Minus, Lho! Cek Kandungan dan Cara Penggunaannya di Sini

Jika kamu tidak ingin mengonsumsinya begitu saja, kamu bisa mengonsumsinya dengan cara lain seperti dengab dimasak menjadi berbagai jenis masakan seperti sambal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: