Ini 10 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Ini 10 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Ilustrasi. Ini 10 komponen mobil yang wajib diperiksa agar perjalanan aman dan nyaman.--(Sumber Foto: Web/gardaoto.com)

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Mobil Suzuki Bekas Mulai Dari Rp100 Jutaan, Cocok Nih Jadi Mobil Mudik Besama Keluarga

2. Kelistrikan Harus Prima

Sebelum mudik kamu juga harus memastikan bahwa kelistrikan dalam keadaan yang prima. Hal ini sangat berfungsi untuk mendukung kinerja mobil.

Diketahui, kelistrikan sangat mempengaruhi kondisi mobil saat digunakan karena berperan penting bagi kondisi lampu mobil, sistem entertainment, hingga sistem starter.

Jika kondisi kelistrikan tidak prima maka penggunaan mobil tidak dapat maksimal. Sebagai contoh, saat dalam perjalanan mudik di malam hari dan kondisi kelistrikan tidak baik maka dapat menyebabkan lamu mobil buram yang bisa membahayakan pengendara.

BACA JUGA:10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

3. Cek Air Radiator Mobil Supaya Tidak Overheat di Jalan

Komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik lebaran selanjutnya adalah air radiator. Hal ini penting diperhatikan karena dapat mempengaruhi kondisi mesin, dalam perjalanan jauh jika air radiator mobil habis maka bisa menyebabkan mobil mogok.

4. Periksa Bagian Kaki-Kaki

Selain air radiator memeriksa bagian kaki-kaki mobil juga penting dilakukan. Hal ini karena bagian tersebut dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan selama berkendara.

BACA JUGA:Jelang Labaran, 10 Merek Mobil Ini Terpantau Laris Manis di Pasaran, Nomor 1 Toyota

Tidak hanya itu, jika terjadi masalah di bagian kaki-kaki mobil terkhusus pada bagian bearing akan besar kemungkinan perjalanan mudikmu tidak dapat dilanjutkan sebelum masalah tersebut teratasi.

5. Cek Ban Mobil

Komponen mobil yang wajib diperiksa sebelum mudik lebaran selanjutnya adalah ban mobil. Bagian ini merupakan salah satu aspek terpenting juga karena jika mobil tidak memiliki ban otomatis tidak dapat melakukan perjalanan.

Hal yang perlu diperhatikan dari ban mobil adalah permukaannya, jika sudah gundul maka segera ganti sebelum melakukan perjalanan mudik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: