Ingin Mobil Awet? Lakukan 5 Tips Perawatan Ini Agar Mobil Kesayangan Tidak Cepat Rusak Jelang Lebaran 2024

Ingin Mobil Awet? Lakukan 5 Tips Perawatan Ini Agar Mobil Kesayangan Tidak Cepat Rusak Jelang Lebaran 2024

Ingin mobil awet? Lakukan 5 tips perawatan ini agar mobil kesayangan tidak cepat rusak jelang lebaran 2024--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Dengan rutin memanaskan mobil ini dapat membantu kualitas oli mobil sehingga oli tidak akan mengendap. Sebaliknya, onli dapat melumasi setiap komponen mesin dengan baik sehingga mesin tidak cepat rusak. 

2. Melakukan Perawatan Rutin

Selain rutin memanaskan mesin mobiol, kamu juga perlu memiliki jadwal perawatan rutin yang direkomendasikan berdasarkan jarak tempuh yang telah dilalui. 

BACA JUGA:Ada Mitsubishi Xpander, Berikut 5 Rekomendasi Mobil Rp200 Jutaan yang Bisa Jadi Teman Mudik Lebaran 2024

Biasanya mobil memerlukan perawatan rutin setiap 5.000 mil atau setiap enam bulan. Beberapa mobil mungkin memerlukan perawatan lebih lama. 

Saat melakukan perawatan, mekanik akan mengganti oli dan menginspeksi berbagai titik untuk memastikan jika kendaraan berjalan dengan baik. Mekanik juga dapat mengganti komponen yang rusak seperti filter udara atau wiper kaca. 

BACA JUGA: Cari Mobil untuk Mudik? Berikut 5 Rekomendasi Mobil Murah dengan Harga Rp100 Jutaan

Tidak hanya itu, mekanik juga akan memeriksa tingkat cairan di dalam mobil dan memberitahu pemilik mobil apabila terdapat masalah yang memerlukan pemeriksaan ulang. 

3. Periksa Kondisi Rem dan Ban Mobil

Memeriksa kondisi rem juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Bahkan pengguna mobil disarankan untuk memeriksa rem setiap kali ban mobil diganti atau setiap enam bulan sekali. 

BACA JUGA:Ini 10 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Lebaran agar Perjalanan Aman dan Nyaman

Meski demikian, apabila saat dikendarai mobil terasa perubahan pada rem, sebaiknya kamu segera memeriksanya lantaran tidak ada standar yang menentukan seberapa sering kamu harus memeriksanya. 

Selain memeriksa kondisi rem, kamu juga perlu memeriksa kondisi ban mobil. Pastikan tapak ban tidak rendah karena dapat meningkatkan resiko kehilangan kendali atas kendaraan.

BACA JUGA:Mau Mudik Lebaran? Ini 5 Rekomendasi Mobil Termurah Maret 2024, Ada Ayla hingga Brio

Pastikan juga agar ban mobil tetap mengembang karena inflasi ban yang tepat dapat meningkatkan keselamatan kendaraan dan juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: