Ingin Mobil Awet? Lakukan 5 Tips Perawatan Ini Agar Mobil Kesayangan Tidak Cepat Rusak Jelang Lebaran 2024

Ingin Mobil Awet? Lakukan 5 Tips Perawatan Ini Agar Mobil Kesayangan Tidak Cepat Rusak Jelang Lebaran 2024

Ingin mobil awet? Lakukan 5 tips perawatan ini agar mobil kesayangan tidak cepat rusak jelang lebaran 2024--(Sumber Foto: Doc/BETV)

Beberapa mobil memiliki peringatan pada dashbor tentang rendahnya tekanan ban. Namun apabila mobilmu belum memiliki fitur ini, kamu memerlukan pengukur tekanan ban untuk melacak ketinggian udara di ban mobilmu. 

BACA JUGA:Inilah 4 Rekomendasi Mobil SUV Bekas Terbaik, Performa Tangguh Harga Ramah Dikantong, Mulai Rp150 Jutaan Aja

4. Ganti Oli Transmisi Secara Berkala

Selain memeriksa kondisi rem dan ban, kamu juga perlu memperhatikan komponen transmisi dan mengganti oli transmisi secara berkala dalam rentang waktu 30 ribu km hingga 50 ribu km. Kamu perlu mengganti transmisi matic, manual, hingga CTV. 

Untuk waktu menggantinya sendiri, oli transmisi ini memiliki waktu untuk mengganti lebih lama dibandingkan dengan oli mesin. Meski demikian, kamu tidak boleh sampai melupakannya. 

BACA JUGA:Inilah Rekomendasi Mobil Suzuki Bekas Mulai Dari Rp100 Jutaan, Cocok Nih Jadi Mobil Mudik Besama Keluarga

Hal ini lantaran jika oli transmisi telah memiliki kualitas yang buruk, maka kamu akan kesulitan mengganti gigi sehingga apabila dibiarkan komponen transmisi dapat rusak sehingga memerlukan biaya perbaikan yang lebih. 

5. Jaga Kebersihan Mobil

Tips selanjutnya agar mobil tidak mudah rusak adalah dengan rutin menjaga kebersihan mobil. Menjaga kebersihan mobil ini penting untuk dilakukan meski mobil tidak digunakan. 

BACA JUGA:10 Cara Merawat Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Salah Satunya Cek Mesin Secara Menyeluruh

Kamu perlu mencuci sisi eksterior mobil paling tidak seminggu sekali dan pastikan agar setiap sudutnya dicuci dengan bersih agar terhindari dari kotoran termasuk di bagian kolong mobil. 

Setelah dicuci, pastikan juga untuk mengeringkannya agar mencegah terjadinya karat pada komponen-komponen metal sekaligus mencegah noda air di bodi mobil membuat tampilan mobil menjadi kusam. 

BACA JUGA:Jelang Labaran, 10 Merek Mobil Ini Terpantau Laris Manis di Pasaran, Nomor 1 Toyota

Kamu juga perlu membersihkan bagian interior mobil untuk menghilangkan kotoran di jik, plafon, dan juga dashboard. Pastikan semua bagian kering agar tidak menjadi lembab dan menimbulkan bau tak sedap. 

Selain cara tersebut, kamu juga sebaiknya melakukan fogging kabin untuk perawatan yang lebih baik agar dapat membersihkan virus dan bakteri di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: