Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Ilustrasi. Manfaat membaca doa dalam kehidupan, dapat menjadi ibadah di bulan Ramadan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

Selanjutnya, keutamaan lain Al-Quran yaitu memberikan syafaat di akhirat nanti. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, "bacalah Al-Quran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

BACA JUGA:Cek 8 Ayat Al Quran tentang Bersyukur Ini, Hidup Akan Terasa Bermakna

"Hadist ini memerintahkan agar menjadikan Al-Quran sebagai bacaan utama harian kita. Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia," jelasnya lagi.

Mempelajari dan mengamalkan Al-Quran yang dibaca, memiliki keistimewaan yang mana kedua orangtua akan dikenakan mahkota dari cahaya di hari kiamat. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW. "Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahokota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari". (HR. Hakim)

BACA JUGA:Masya Allah! Wanita di Dunia Bak Bidadari Harus Miliki Sifat Ini, Kemuliaanmu Diabadikan dalam Al Quran

Wajar jika sahabat nabi berkompetisi untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan isi Al-Quran. Dalam riwayat, Rasulullah Saw. memerintahkan Abdullah bin Umar agar mengkhatamkan Al-Quran seminggu sekali. (HR. Ahmad)

Ada banyak lagi keutamaan Al-Quran yang dapat kamu rasakan setelah membaca dan memahaminya. Sebagaimana keutamaan yang dijelaskan di atas dapat memberikan manfaat yang berlipat ganda.

BACA JUGA:Bikin Haru! Ayat Al Quran Akan Hilang di Hari Kiamat, Begini Penjelasannya

Demikian informasi tentang manfaat baca Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: