Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Luangkan Waktumu Sebentar! Ini Manfaat Baca Al Quran dalam Islam, Perbanyak Ibadah di Bulan Ramadan

Ilustrasi. Manfaat membaca doa dalam kehidupan, dapat menjadi ibadah di bulan Ramadan.--(Sumber Foto: Tim/BETV)

BETVNEWS - Ramadan menjadi bulan yang sangat dinantikan banyak orang, khususnya umat Islam. Karena ibadah puasa Ramadan ini hanya dilakukan umat Muslim.

Ada banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan saat Ramadan, salah satunya dengan membaca Al Quran. Ibadah ini juga memiliki sejumlah manfaat dan keutamaannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Terlebih, aktivitas baca Al Quran bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan pun. Tidak ada larangan, kecuali bagi wanita yang sedang berhalangan.

BACA JUGA:10 Manfaat Tin untuk Kesehatan, Salah Satu Buah Surgawi yang Disebut dalam Al Quran, Ini Kandungannya

Kamu bisa meluangkan waktu sebentar untuk membaca Al Quran selama bulan Ramadan, terdapat ganjaran pahala yang akan didapatkan. Dengan harapan mendapat keberkahan selama menjalani puasa Ramadan.

Membaca Al-Quran juga tidak hanya sekadar cukup melafaskannya saja, kamu juga harus memperhatikan tatanan dalam bacaannya. Dilansir dari um-surabaya.ac.id, ayat suci Al Quran merupakan bagian dari agama Islam, tak terlepas dari setiap umat muslim. Hal ini, Al-Quran diyakini menjadi pedoman hidup atau tuntunan hidup.

BACA JUGA:Hari Kiamat Akan Datang! Ini 10 Tanda yang Disebut dalam Al Quran, Apa Saja?

Sebagai seorang muslim, tentu harus percaya bahwa Al-Quran, diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga umat Muslim dianjurkan untuk dapat membaca Kalam Allah SWT ini, ada banyak hal yang bisa kamu ketahui di kehidupan sementara ini.

Sokhibul Arifin Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) memaparkn beberapa keutamaan dalam membaca Al-Quran setiap waktu versi Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Ada 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi, Amalan Ini Diabadikan dalam Al Quran, Yuk Baca!

Keutamaan tersebut yakni dapat menuai kehidupan yang dipenuhi oleh sumber keberkahan dan dapat dilancarkan berbagai urusan, begitu penjelasannya.

Rasulullah SAW. bersabda:"Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf."(HR. At-Tirmidzi)

BACA JUGA:Menakjubkan! Ini Deretan Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya, Disebut dalam Al Quran, Apa Saja?

"Keutamaan membaca Al-Quran bahkan disebutkan secara rinci, salah satunya melalui hadist dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas'ud yang menjelaskan, setiap satu huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan," tegas Sohib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: